Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Jumat, 06 Maret 2015

Melawan Kodrat Radio


Masih ingatkah anda Lagu Balada seorang penyiar yang dinyanyikan BIMBO ? lagu ini sepertinya sudah tidak relevan lagi untuk dihubungkan dengan para penyiar Global FM Bali . Karena Global FM sejak 2009 Sudah MELAWAN KODRAT RADIO yang katanya sebagai Radio Yang hanya bisa didengar saja. Seorang penonton setia Global FM Bali Ibu Armayani di Taiwan China melalui Interaktif Dinamika Siang belum lama ini mengatakan Global FM Bali perlu lebih menggencarkan sosialisasi  sebagai radio yang bisa ditonton. Dan seorang pekerja pariwisata  dan sekaligus penonton setia Sutina di Kuta meminta agar kameranya ditambah  agar bisa terlihat penyiar dan narasumber yang diwawancarai. Dan sekarang kalau Live video Streaming kami tidak Online bapak ini complain. Tapi ada juga yang minta audio saja dengan alasan irit lalulintas data.

Sepertinya Global FM Bali harus mememunuhi semua kebutuhan itu. Kami memang harus  gencar sosialisasikan keberadaannya di Internet sebagai RADIO YANG BISA DIDENGAR DAN DITONTON di PC dan Smartphone. Dan sosialiasikan cara cara aksesnya.

Kami masih sering dimintai saran agar Global bisa menggunakan fasilitas live streaming dari masyarakat agar meniru seperti radio “Anu FM” seperti radio “Tetangga FM” , Sampai ada juga yang memberi saran itu dihadapan Forum resmi.
Kami pun menjawab bahwa kami sudah Live Audio streaming  sejak tahun 2000  malah streaming kami lebih  “edan lagi” dari radio tetangga!, yaitu MELAWAN KODRAT RADIO  sebagai RADIO yang BISA DITONTON. Walaupun dalam perjalanan LIVE VIDEO TREAMING ini cukup menyita Kuota internet pencinta Global FM Bali kami tetap jalan karena kami ingin jadi yang pertama  di Bali .KArena kami yakin semua radio kelak akan dibuat seperti ini .

Maka dari itu Global Fm Bali  memberi dua kebutuhan tergantung kemampuan data internet seseorang  . ADA yang suka audio streaming bis aklik  : http://globalfmbali.listen2myradio.com  dan ada yang Live Video melalui PC http://radioglobalfmbali.com dan melalui aplikasi Ustream  untuk bisa ditonton melalui sistem operasi Android dengan mendowbload aplikasi ustream (selesai download lalu search globalfmbali).
Kami menyadari ternyata kurang maksimal mensosialisasikan LIVE VIDEO STREAMING yang kami miliki . PADAHAL kami sudah ber-live streaming sejak lama MALAH LEBIH HEBOH LAGI pakai Live VIDEO STREAMING  .

Sedangkan untuk live audio streaming saja sudah online sejak tahun 2000 saat itu kami sebut Radio Online (Live Audio) pertama di Bali . Saat itu internet tidak secanggih sekarang .
Untuk conect ke internet kami ingat betul mesti berbunyi “ngek-ngek-ngek”  dan harga internet masih mahal  bahkan para facebook belum lahir jadi internet itu belum jadi kebutuhan vital . Beda dengan sekarang  internet sudah jadi bagian hidup maka radio siarang yang akrab dengan tehnologilah yang akan dilirik dan memiliki daya ungkit lebih banyak meriah audiennya.
Kami tidak mendaulatkan diri sebagai siaran TV tapi radio yang siarannya bisa ditonton itu saja  artinya kami hanya memperlihatkan aktifitas didalam ruangan studio atau istilah kerennya CALL BOX . Termasuk jwajah penyiar bisa dilihat dengan nyata. Dan penyiarnya juga tidak bergaya layaknya penyiar TV dengan wajah yang “sadar kamera”  tapi kami  “tidak sadar kamera ”, karena sekali lagi kita hanya memperlihatkan aktifitas siaran termasuk aktifitas penyiarnya /crew nya Global FM Bali di CALL BOX dan NEWS ROOM.

Saat ini  Kami bahagia bisa memenuhi mewujudkan tehnologi. Untuk itu setelah 5 tahun ber Live Live Video kami terus mengembangkan sistem tehnologi yang kami benamkan diantara :

1. Kalau dahulu kami hanya menggunakan 1 camera maka sekarang sudah dua camera sehingga narasumber dan penyiar bisa bergantian ter expose.

2. Kami menggunakan software khusus yang memungkinkan camera beregerak kekanan kekiri secara otomatis tanpa cameraman dan mengikuti obyekgerak gerik penyiar  secara otomatis termasuk zoom in zoom out otomatis. 3. Bila nara sumber malu ditampilkan dalam Live video maka wajahnya bisa ter-blur .

4. Live video bisa merekam siaran dan dan langsung publish tanpa Buffering ke internet.

5. Dalam acara hiburan kami bisa play Video klip .

6. Semakin ringan mudah diaksesmelalui PC atau smartphone dengan kecepatan internet minimal 500 an Kbps.

0 komentar:

 
Powered by Blogger