Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Kamis, 09 Oktober 2014

Bisnis Online Siapa Mau

Banyak di antara kita yang ingin berbisnis via online namun merasa tidak memiliki ilmu yang mumpuni tentang komputer. Sebagian beranggapan bahwa untuk berbisnis di internet maka dibutuhkan pengetahuan yang rumit dan njimet seperti HTML, PHP, proxy, hosting, javascript, dan sebagainya. Dengan menghadapi hal-hal teknis seperti itu, maka timbul persepsi yang salah bahwa bisnis online itu membutuhkan pengetahuan tentang komputer. Berbisnis dengan memanfaatkan teknologi komputer yang telah berkembang pesat seperti sekarang ini haruslah dijalankan oleh mereka yang pernah menempuh pendidikan di bidang teknologi informasi.

Benarkah demikian?

Sudah pasti 100 persen pendapat tersebut salah. Antara internet marketing dan programming adalah dua hal yang berbeda. Poin pertama membutuhkan keahlian dalam menulis sales letter, memahami pangsa pasar di dunia maya, mengerti tentang strategi mendatangkan pengunjung, paham tentang cara mengkonversi pengunjung menjadi pembeli dan pembeli menjadi pelanggan, serta piawai dalam memberikan respon yang dibutuhkan kepada calon pelanggan. Sedangkan poin kedua lebih mengarah pada bagaimana membuat suatu program bisa berjalan lancar, menciptakan aplikasi yang membantu pekerjaan seseorang, menyusun algoritma matematika untuk membuat aplikasi bisa user-friendly serta menciptakan cara untuk menyederhanakan beragam pekerjaan dalam satu langkah yang efektif.

Meski demikian, seorang pebisnis online tetap harus memahami satu dua hal yang berkaitan dengan teknis. Salah satunya adalah tentang webhosting. Webhosting merupakan tempat untuk menampung file-file berupadata, foto atau gambar, suara dan sebagainya. Ada penyedia jasa hosting gratis dan ada pula yang berbayar. Biasanya yang berbayar memberikan ruang yang jauh lebih besar daripada yang gratis.

Untuk mengenal webhosting, terlebih dahulu seorang calon pebisnis online memahami istilah-istilah dalam dunia ini. Pertama adalah bandwidth. Biasa disebut data transfer. Merupakan pengukuran terhadap kapasitas transfer data pada hosting maupun situs web. Jika Anda memiliki file yang banyak dalam situs Anda (misalnya foto produk), maka bandwith yang dibutuhkan pun juga semakin besar jika pengunjung membuka berbagai file. Setiap bulan badwidth akan direset lagi menjadi nol.

Disc Space

Kedua adalah Disc Space, yakni ketersediaan ruangan yang diberikan utnuk menyimpan file. Data Anda yang berjumlah ribuan dengan kapasitas puluhan Gigabyte membutuhkan tempat untuk disimpan. Menyewa webhosting berarti Anda seperti menyewa gudang untuk barang-barang Anda dalam jumlah tertentu. Semakin banyak barangnya, tentu dibutuhkan ruang yang lebih luas. Hosting yang tidak berbayar umumnya hanya menyediakan ruang yang terbatas.

Bandwidth

Bandwidth (disebut juga Data Transfer atau Site Traffic) adalah data yang keluar+masuk/upload+download ke account anda

Add-on domain

Add-on domain adalah istilah ketiga yang harus dipahami oleh newbie di bidang bisnis online. Ini adalah subdirektori domain utama. Misalnya www.bisnisanda.com memiliki sub domain www.bisnisanda.com/produk. Dengan adnya add-on domain ini Anda tidak perlu lagi membuat akun webhosting lagi.

cPanel

Keempat adalah cPanel alias Control Panel. Bisa dipastikan bahwa penyedia jasa webhosting pasti memiliki fasilitas ini. Fungsinya adalah mengontrol semua fungsi yang berhubungan dengan webhosting dan juga email. Dan yang kelima adalah softacalous, yaitu sebuah sistem yang didesain untuk memudahkan pengguna menginstal beragam script yang populer saat ini, misalnya script Mini Site, script Menu Pop-Up, script autoresponden dan lainnya. Selain itu bisa juga dipakai untuk script Joomla, Nucleus, Drupal dan Wordpress tanpa perlu repot mengupload banyak file.

Domain

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "sitekno911.com". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Sumber: Wikipedia

Dengan memahami istilah-istilah teknis di atas, bisa dijadikan bahan pertimbangan seseorang sebelum mencari webhosting untuk toko onlinenya. Jika tidak memahami terlebih dahulu, dikhawatirkan situs online Anda akan mempersulit calon konsumen.

webmatic (website siap pakai)

Cara Cepat untuk memiliki website tanpa ribet dengan proses pembelian webhosting pembelian domain dan install CMS seperti Joomla, Nucleus, Drupal dan Wordpress dan lainya adalah dengan menggunakan sitekno webmatic. Untuk mengenal itu anda mesti kunjungan komunitas Bali Webmatic di http://baliwebmatic.com

0 komentar:

 
Powered by Blogger