Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Kamis, 13 Juni 2013

Mic Perut

Test test satu dua tiga selalu seperti itu bila orang ingin mengecek mic nya. Dan tentu sangat jarang mengatakan tes test  test seratus dua ratus tiga ratus he he... tulisan ini juga cuma tes karena saya lagi coba software pemposting blog berbasis android. Jadi urusan test itu sah sah saja sepanjang untuk kepraktisan kebaikan dadn kemajuan.

Pengertian test bisa jadi kalaupun salah tidak apa apa karena masih percobaan . Tapi kalau test dalam pengertian sedang diuji maka akan  beda pengertiannya contohnya calon PNS sedang menghadapi Test Calon PNS berarti kalau mereka tidak bisa menjalani test maka tidak lulus.

Saat saya membawakan acara  di Bali tv mic yag dipakaa mic jepit lebih kecila dari kancing baju. Namun hasilnya cukup prima. Ohya saat ini saya mesti bicarakan soal mic. Saya anggap mic ini dalah benda ajaib karena mampu menyedot suara kita. Mic dalam dunia audio sangat besar jasanya bayangkan betapa mic ini mampu menjadikan acara tv,radio ,konser, rekaman musik  atau video jadi masuk komunikasinya.

Mereka yang profesinya sebagai dubber atau voice over talent pasti mic yang dipakai tidak sembarangan . Walaupun mic nya sembarangan perlu di test hasilnya baik atau tidak. Begitu juga walau mic nya tingkat kualitasnya baik dan harga sangat mahal wajib ditest hasilnya .

Mic juga tidak mungkin bekerja berdiri sendiri ia perlu software penghalus ,penebal suara atau bas. Jadi kesimpulannya jangan main main  untuk soal kualitas jadi perlu banyak pengetahuan tentang mic dan software. Software bagi saya adalah yang berjasa  merekayasa hasil supaya jadi berkualitas dan melakukan tugas yang tidak bisa diolah oleh mic dan suara yang kita miliki. Contoh agar suara bergema atau menjadi treble atau ngebas.

Ambil contoh seseorang akan beda hasil suara rekamannya kalau pada saat take voice bibirnya jaraknya beda . Take pertama jarak dengan mic 3 Cm dengan 10 Cm beda hasilnya.

Lalu beda hasilnya bila take voice bibirnya pada posisi disamping  dengan posisi lurus dengan mic.Kalau tidak percaya silahkan coba. Jadi apapun perlu di test dicoba diulang dicoba lagi .

Walaupun sampai capek sekalipun itu resiko, makanya walaupun take voice kalimatnya sangat sedikit kadang kadang perlu diulang ulang berkali kali mencari kecocokan yang ideal demi menemukan sebuah karakter.

Disamping posisi bibir yang tidak kalah adalah seorang voice over talent yanguu mengerjakannya serba sendiri seperti saya ini  tidak hanya mengetahui urusan karakter vokal saja tapi juga karakter mic.

Dan sekali lagi mic untuk urusan voice over talent akan berbeda urusannya dengan mic untuk acara panggung, acara radio, acara jual obat dipasar dan mic acara demo mahasiswa.

Kita tinggalkan urusan itu perlu juga diketahui mic itu banyak macamnya contoh.

Shotgun Mic
mirophone ini bentuknya ramping dan panjang mirip seperti laras senapan karakteristiknya yang sering didapati Condercer Microphune. Sifatnya mempertajam suara jadi suara lemah dan jauh akan ditangkap oleh microphone ini saya sih lebih condong mengatakan sebagai tele mic .

Sebuah Omnidirectional (atau nondirectional) respons mikrofon umumnya dianggap bola sempurna dalam tiga dimensi. Dalam dunia nyata, hal ini tidak terjadi.Seperti arah mikrofon, kutub pola untuk sebuah "Omnidirectional" mikrofon adalah fungsi dari frekuensi. Tubuh mikrofon tidak tak terbatas dan kecil, sebagai akibatnya, ia cenderung mendapatkan dengan caranya sendiri terhadap suara yang datang dari belakang, menyebabkan sedikit merata dari respons kutub. Jadi ini adalah lawan dari shotgun mic.

Bidirectional Microphones

Mikrofon bidirectional. Tipe ketiga mikrofon pola polaritas adalah dua arah (juga dikenal sebagai Gambar 8). Sebuah bidirectional mic akan mengambil suara dari kedua bagian depan dan belakang, tetapi bukan dari sepanjang jalan sekitar. Mereka tidak mengambil suara dari sisi-sisi baik sama sekali.

Unidirectional mics

Sebuah mikrofon searah sensitif terhadap suara dari satu arah. Diagram di atas menggambarkan beberapa pola-pola ini. Mikrofon menghadap ke atas di masing-masing diagram. Intensitas suara frekuensi tertentu diplot untuk sudut-sudut radial 0-360 °.
semoga bermanfaat dan selamat ber mic ria.

0 komentar:

 
Powered by Blogger