Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Minggu, 23 Desember 2012

KPID Bali : Silahkan Bikin Radio Streaming





Beberapa hari lalu saya  ngumpul bareng awak radio dan tv se Bali .Benar juga satu dua hari tidak bakal  cukup  ngomongin radio dan tv . Acara yang difasilitasi oleh AJI (Asosiasi Jurnalis Indonesia )  Denpasar ini bisa  ditebak  isinya jadi seperti temu kangen karena acara ini pesertanya saling kenal satu sama lain para "dedengkot media" radio dan Tv . seperti Muliarta yang sama-sama jebolan TOP FM Bali yang sudah jadi wartawan kondang .   Tapi ada juga "orang baru" yang ternyata juga menjadi warna baru dalam hal pemikiran kreatifitas  siaran. 

Ada beberapa  hal yang membuat saya suka yaitu lokal content mesti menasional gaungnya kalau perlu mengglobal maka diacara ini peserta pelatihan diberikan pemahaman dan pemikiran kreatif acara lokal seperti apa yang mesti digarap. Terkesan sekama ini acara lokal dinomorduakan tapi sebenarnya justru bisa kebalikan jadi nomorsatu dan trendsetter kalau tahu taktik dan didaktiknya . Sebenarnya kalau diecritakan menarik juga ya soal desain acara lokal ini. Tapi untuk sementara ini saya lebih suka yaitu yang berbau siaran streaming .


Yang menarik bagi saya  KPID Bali mempersilahkan bagi anggota masyarakat yang memiliki kreatifitas membuat radio streaming yang selama ini susah mendapatkan ijin siaran untuk mengekpresikan siarannya melalui dunia maya sebelum hal tersebut diatur dalam UU siaran  . Demikian dikatakan oleh anggota KPID Bali Yasa Adnyana . Dalam  Acara Kecakapan Mendesain Penyiaran Publik Yang Demokratis , yang diselenggarakan Aji Denpasar di Hotel All Season Denpasar 21-22 Desember. 2013

Statement KPID Bali itu  berkaitan dengan  pertanyaan yang saya  ajukan berkaitan  banyak masyarakat beralih bikin radio streaming karena dianggap kuota yang terbayas bagi radio siaran dan ijin yang juga sulit Dan hebatnya  radio streaming ini  mampu siarannya  mendunia walau tanpa tower dan siaranya bisa dimana-mana ,siaran ini bermodalkan laptop saja dan bisa diakses via PC dan Smartphones, Jadi memang Radio live streaming ini kelebihannnya tidak bisa dilakukan oleh radio konvensional . Seperti jangkauan yang tanpa batas . 

He he terus terang saja saya juga suka mengutak-atik dan suka bikin siaran radio streaming. Karena ada trend  masyarakat baik dalam wadah komunitas tertentu atau secara pribadi ingin memiliki radio siaran di ranah internet karena modalnya jauh sangat kecil namun dengan jangkauan tak terbatas.Seperti  SSP radio streaming  yang sukses eksist sebagai radio siaran tanpa frequensi dan tower yang saya buat ini dan masih banyak lagi .

Namun demikian Yasa Adnyana juga mempersilahkan agar prinsip-prinsip dan etika  siaran yang baik didunia offline bisa dijadikan acuan para pelaku siaran streaming seperti yang sudah diterapkan bagi radio konvensonal yang berijin..

Lebih jauh Yasa Adnyana mengatakan KPID Bali tidak ada bermaksud memasung kreatifitas justru KPID Bali dengan Misi dan visisnya sebenarnya justru menggaungkan agar radio memiliki kreatifitas yang mampu mengedukasi khalayak pendengarnya, termasuk dalam hal  mendesaih  penyiaran yang publik yang demokratis. 

Dalama Pelatihan ini juga di praktekan sebuah simulasi siaran bermuatan lokal dari presentasi sampai pelaksanaan siaran .

0 komentar:

 
Powered by Blogger