Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Selasa, 13 Maret 2012

Reality Show Ala Radio


mendengar kata reality show pikiran kita selalu terhubung dengan acara TV . Berarti memang selama ini reality show itu terekesan hanya bisa di wujudkan di TV saja . Padahal itu bisa dilakukan di radio bahkan  bisa lebih heboh dan malah tidak ribet . Bagaimana caranya ?

Pernahkah anda terpikirkan bahwa alat rekam sekarang ini benar-benar canggih tidak besar dan bahkan bisa tidak kelihatan. kalaupun kelihatan orang tidak pernah berpikir itu adalah alat rekam . Misalnya HP sudah ada alat rekam kemudian produk Sony mengeluarkan produk alat rekam yang sering dipakai wartawan radio untuk liputan kalau alat itu dikantongi maka tidak akan kelihatan.

Lalu apa hubungannya alat rekam ini dengan reality show radio. Yah betul ! bikin acara yang merekam reaksi seseorang atas kelakuan kita . Karena radio maka usahakan acara ini menggunakan pendekatan suara dan mengurangi reaksi gerakan fisik tapi memancing suara dari muliut maka terekamlah apa yang terucap.

Dalam acara reality show ala radio ini bisa dibuat dengan tujuan lucunya atau Fun bisa juga yang sifatnya menegangkan. Yang fun atau lucu misalnya bikin acara reality show namanya UJUG-UJUG yang artinya tiba-tiba atau tak disangka-sangka  . Ceritanya  seorang crew radio atau team radio yang menyimpan  alat rekam dengan kepekaan yang alat yang baik mendekati seseorang gadis yang sedang duduk di muka sekolah lalu . lalu si orang ini dari tema ujug-ujug  dengan alat rekam yang  tersembunyi mendekat sang gadis  ujug-ujug mengatakan : "kamu bisa jawab nggak pertanyaan saya kenapa kamu cantik ?" lalu reaksi suara  sang gadis akan terekam lalu lanjutkan dengan pertanyaan keberikutnya "boleh nggak saya melamarmu?" pasti sang gadis megeluarkan reaksi dalam bentuk suara . Nah reaksi -reaksi dalam bentuk suara yang terlontar inilah yang dikemas . Bisa jadi sang gadis ini mengeluarkan suara "apa-apa an sih ini " atau bisa jadi ia tertawa atau marah . 

cara kedua team dengan akat rekam tersembunyi mendatangi sekelompok gadis lalu " lalukan teriakan kalimat yang sama yang ditujuan hanya untuk satu orang gadis kita dengar apa reaksi kelompk gadis ini . dan saya kira bukan hanya urusan reality seperti ini saja bisa juga dengan ujug-ujug tanya "eh mba betulkan Dewi persik yang sering saya lihta di tv itu " nah lalu dengarkan suaranya yang sudah direkam ..Pertanyaan yang sama dilontarkan pada  10 gadis yang berbeda. Wah bisa asyik ngalah-ngalahin TV acaranya .Karen bakalan lucu . Saya merasa yakin reakis mereka pasti terlontar reaksi dalam bentuk suara dari mulut mereka . Suara inilah yang kita buru.

Bisa juga dibuat reality show radio yang sedikit nakut-nakutin dengan pocong-pocongan  umpamanya,tapi perlu diingat ini sedikit berresiko. Saya menyarankan  bikin yang fun-fun saja atau yang serius tapi menghibur contohnya : Team dengan alat rekan tersembunyi mendatangi  pedagang beras lalu mengatakan " pak saya tadi beli beras kok isisnya belatung dan kutu saja sih  "  lalu rekam reaksi suara yang terlontar dari mulut pedagang dan  kita wajib menyudahi sandiwara ini dengan menjelaskan kami team dari  ujug-ujug. Kita juga meminta ijin suara ini akan ditayangkan . Kalau tidak dijinkan ya jangan memaksa.

Acara ini reality show ala radio ini juga bisa dilakukan live yaitu dengan HP.  Hp di tekan dalam posisi on /bicara dan terhubung ke telpon studio siaran .Nah kalau sudah seperti ini ide dan format reality show ala radio ini bakal rame tidak akan pernah kehabisan akal. Bahkan persiapannya  tidak seribet Reality Show yang di TV.  Walau acara ini tidak ribet tapi tetap dibentuk  team yang terlatih dan profesional agar terwujud sebuah  reaksi yang reality dengan pendekatan suara asli dan real .(bram wijaya )

0 komentar:

 
Powered by Blogger