Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Senin, 20 Februari 2012

Batal Siaran Karena Ngurus E KTP



Hari Senin 9/02/12 saya tidak siaran karena ngurus e-KTP di Kantor camat Denpasar utara . Acara yang "nubruk" jam siaran saya ini akhirnya memang  harus mengorbankan jadwal siaran  karena E-KTP ini katannya penting sekali fungsinya sudah canggih dan berlaku secara nasional jadi tidak perlu bikin KTP lokal lagi. sesuai embel embel  huruf E dimuka kata KTP  berarti Elektronik  jadi  program KTP elektronik ini  yang disingkat E-KTP ini juga  mencegah KTP ganda atau pemalsuan KTP. Dapat digunakan untuk ID card untuk ATM asuransi dan atau bisa juga sebagai Kartu pemilu dalam setiap hajatan pemilu didaerah atau nasional. Dan fungsi lain yang masih dikembangkan .  Secara umum  E KTP memiliki keakuratan dalam hubungannya dengan proses pembangunan. 

Masyarakat daerah Banjar Dinas Darmasanti Ubung Kaja sedari pagi jam enam sudah memenuhi kantor Camat Denpasar Utara  . Mereka semua berpikir dengan datang pagi sekali pasti akan dapat duluan eh ternyata semua pada datang berlomba datang  duluan ya tetap saja "numplek". Malah justru yang datang belakangan lebih lenggang. Ini bukti kesadaran masyarakat dengan KTPnya sangat besar. Karena mereka sadar KTP sudah ibaratnya "sertifikat hidup ". Tapi ketika ditanya apa arti dan fungsi e-KTP mereka pada bingung .


Ini memang bagus sekali buat sistem pendataan yang akurat terpadu sebagai ID untuk keperluan apapun yang disinergikan dengan ID apapun. 

Nah kalau sudah begini apakah perlu E-KTP berlakunya seumur hidup saja biar nggak ngurus lagi kecuali kalau mau pindahan alamat baru E-KTP di Updates lagi.   dan untuk photo profil  tiap 10 tahun di ganti karena jelas dong wajah manusia khan tiap 10 tahun  bertambah perubahannya  . Terus  bukankah NIK (nomor induk kependudukan) berlakunya selamanya dan seumur hidup sekalian saja Kartu E-KTPnya seumur hidup .


Yang perlu diperhatikan adalah pelaksanaan E-KTP semestinya petugas lebih berinteraksi benarkah data nama yang tertera sudah benar dan akurat seperti nama tanggal lahir tenpat tinggal. Sebab kata Kadus perubahan data bila terjadi kesalahan tulis dan lain-lain akan susah diperbaiki atau melalui proses yang lama . Seperti pelaksanaan tadi pagi masyarakat yang diphoto dan diambil sidik jarinya tidak diperlihatkan nama,alamat,tanggal lahir apakah sudah benar atau tidak tapi langsung periksa sidik jari periksa mata lalu langsung pulang. Semua berjalan seperti sambil lalu saja tanpa adanya interaksi untuk menguatkan data dari petugas. Semestinya juga petugas juga menyebarkan selebaran tentang apa peran dan fungsi E KTP agar masyarakat bisa baca-baca sehingga menambah wawasan masyarakat tentang E KTP

Ya semoga saja ketika KTP dibagi tidak ada masalah seperti salah nama tanggal lahir . Tapi secara  pribadi saya dukung penerapan E KTP. (bram Wijaya)



sumber  gambar ; trendygalih.com

0 komentar:

 
Powered by Blogger