Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Rabu, 25 Januari 2012

Tips Wawancara Live Dadakan

Berikut ini adalah tips bila anda sebagai penyiar radio dapat tugas dadakan mewawancarai live dengan narasumber tertentu dengan waktu yang super mendadak karena  kondisi tertentu dimana kita belum siap dan tidak menguasai materi siaran yang anda pandu harus jalan . Sebelum saya jawab terlebih dahulu saya tegaskan tips ini tidak berlaku bagi penyiar yang masih bau kencur atau penyiar baru. Karena penyiar "bau kencur" biasannya dia tmasih terkonsentrasi pada  alat -alat yang masih dia hapal dan juga kalimat yang ia lontarkan masih tertata  dengan pola catatan kecil . Ini hanya berlaku bagi penyiar katagori  jam terbang satu   tahun keatas.itupun penyiar tersbut mesti memiliki optimisme dan keberanian. Karena Optimisme dan keberanian adalah modal utama.

Tips Pertama anda Jalani semua dengan santai dan rileks saja yang penting anda bisa tahu themanya saja maka dengan mengetahui themanya daya imaginasi anda akan terbantu sebagai  pemantik bibit pikiran untuk mengembangkan pertanyaan . Dan yanglebih penting anda jangan minder dengan narasumber sepintar apapun. Karena posisi anda dalam wawancara adalah "sama derajatnya".

Tips kedua ketiga anda baru opening gunakan taktik putar iklan sebelum dilanjutkan . Dengan memutar iklan ada jeda untuk mempelajari materi tersebut. Misalnya dengan bertanya secara off air pada narasumber tentang materi tersebut.

Tips Ketiga ketika sudah on air buat pertanyaan yang sederhana dan singkat nah pada saat mendengar jawaban dari narasumber dengarkan apa yang dilontarkan narasumber lalu bertanyalah tentang apa yang anda ketahui dari narasumber yang bersumber dari kalimat demi kalimat narasumber. Dengan mendengar apa yang diungkap narasumber sama dengan kita belahar menguasai materi.

Tips Keempat buat pertanyaan yang singkat untuk cari selamat lalu buntuti lagi apa yang menjadi jawabannya untuk kemudian jadi sumber inspirasi pertanyaan.

Tips Ke lima bila disamping anda ada komputer atau Smartphone yang terhubung internet  maka search saja di google kata kunci teretentu yang jadi materi itu dan ini akan membantu agar  pertanyaan kita "berisi" dan "nyambung".

Tips Ke enam silahkan anda cari sendiri ha ha ha karena saya yakin penyiar radio itu mesti punya akal banyak dan punya daya "ngecap" tingkat tinggi  yang bermanfaat (Bramwijaya)




0 komentar:

 
Powered by Blogger