Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Sabtu, 07 Januari 2012

Radio Internet Siap Melenggang "Melawan " Radio Konvensional

Kalau anda mendengar istilah penyiar radio,penyiar tv lalu apakah anda mendengar istilah lain yang  berhubungan degan  jenis penyiar ? . ya ada yaitu Penyiar Internet  . Jenis pekerjaan baru penyiar internet  bakal  jadi perbendaharaan baru yang muncul akibat tehnologi  yang berkembang pesat di dunia maya  Ini juga memungkinkan banyak pihak yang membuat radio streaming  murni . streaming murni adalah stasiun radio yang tidak menggunakan  antena  pemancar  dan memancarkan frequensi radio konvensional  tapi menggunakan media  internet .  Ini efek  dari perkembangan tehnologi yang semakin canggih dan murah.

Banyak istilah untuk radio ini ,ada yang menyebut Siaran Radio Internet atau SRI ada yang menyebut Radio Online ,Radio Streaming,Radio Maya . Apapun istilahnya kita tunggu saja dari istilah ini mana yang lebih banyak dipakai .

Radio Streaming saya prediksi akan marak mengingat susahnya ijin radio dan membuat radio streaming juga tidak perlu ijin dan investasinya jauh lebih murah .Dan asyiknya sudah banyak  pengguna smart phone yang menggunakan fasilitas internet dalam gadgetnya .  Disamping itu munculnya para journalis warga atau citizent journalism menjadikan  radio streaming  menjadi salah satu alternativ  tempat untuk ekpresikan insting jurnalisnya.  

Siaran Radio Internet  atau SRI  tidak perlu memikirkan  masalah jangakauan /coverage area yang sering  jadi perhitungan radio konvensional karena jangkauan radio internet seluruh dunia . Radio konvensional belum pernah secara detail dan pasti  mengetahui  jumlah  pendengarnya  semua mesti lakukan survey yang ribet . Sedangkan radio internet visitor uniq yang mengklik siaran streaming  bisa diketahui  bahkan menggunakan headset merek apa bisa diketahui ,sampai lokasi audiens di negara mana bisa terlacak  .

Yang mencengangkan radio streaming tidak mesti siarannya melalui PC atau Laptop tapi juga bisa siaran live secara mobile (mobile video streaming ) menggunakan Smartphone  tentu dengan menggunakan aplikasi tertentu .  Nah kalau sudah begini  namanya “studio berjalan” jelas  ! pekerjaan ini tidak bisa dilakukan oleh radio konvensional.

Mungkin cerita yang saya tulis ini belum ada tanda-tanda  kesemarakan atau demam , bahkan ketika membaca tulisan ini mungkin banyak yang bergumam Hhmmm..masih jauh!  belum terpikirkan …dan pesimis karena kecepatan internet di Indonesia masih “terseok-seok “ dan tapi bukti itu sudah saya lihat dan rasakan sendiri . mampirlah ke  situs ustream.com banyak warga yang lakukan siaran langsung di suatu tempat secara live dan tayangan itu ia rekam  dan rekaman itupun bisa di klik oleh siapapun dengan mengambilnya dari data recorded live. 


Di Bali tiga tahun yang lalu siaran live video streaming sudah diuji  coba  oleh Global FM Bali  dan sampai sekarang sudah banyak penggemarnya di bebagai belahan dunia terutama masyarakatwa radio global adalah radio yang bisa didengar dan ditonton . Dan penyiar radio global sudah diberi gelar penyiar amphibi  karena  statusnya sebagai penyiar radio konvensional dan sekaligus  penyiar radio internet.  Penyiar radio global ketika akan siaran dia mesti  sisiran dulu dan bagi  wanitanya  rias wajah dulu  ha  ha ha , sudah kaya tiv bukan atau ini namanya Radio TV . Radio Internet juga bisa memperoleh iklan bila pengunjungnya banyak iklan bisa ditampilkan diwebsite bahkan atau diputar spot iklannya.Nah siap siap saja radio konvensional bakal bersaing berebut iklan dengan  sri  atau siaran radio internet radio internet.

Dan tidak terlalu lama lagi di Bali juga ada radio dengan status streaming murni yaitu Santy Sastra Radio Streaming  . Dimana sang  penggagasnya adalah Santy Sastra owner Santy Sastra Production yang juga punya  aktifitas pencetak penyiar profesional melalui kursus yang ia adakan secara rutin tiap bulan. Kita nantikan saja  kiprah radio internet miliknya.
 
sumber gambar 
http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS67rZEfESBgfILwnH-qx7eZEk4luL0bcGPUbUDmaAoiLY3Z3hSmj1lI_lehw

0 komentar:

 
Powered by Blogger