Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Sabtu, 28 Januari 2012

Mau siaran Ngaca Dulu ,Dilarang Nguap ,Ngemil,Ngupil dan Ngurek Kuping.

Satu N yang dianjurkan yaitu Ngaca , tiga N yang harus dihindari ,Nguap,Ngemil,Ngupil,Ngurek Kuping . Ini adalah anjuran dan pantangan yang harus dilakukan bagi radio dengan status " Amphibi". Karena yang nonton sudah mulai kritis dan banyak "ngledek" . Kami jadi semangat untuk siaran dengan fasilitas tehnologi Live Video Streaming  dengan  Ustream.tv. Karena kami sudah punya fans berat yaitu masyarakat Bali yang ada diperantauan dan semua pendengar yang suka dengan program kami . Berarti ada penambahan jumlah audiens dan ini memang target yang harus diperjuangkan. Kami memang sepertinya wajib ngaca sebelum siaran karena audiens kami diluar negeri kadang-kadang sms dengan mengatakan lagi makan apa tuh bagi dong..terkadang mereka bilang di facebook sudah sisiran belom ,terus ada yang bilang bajunya kok itu itu aja sih. Nah ternyata terkadang kita tidak sadar kita diawasi external webcam. Memang dulu kita punya kebiasaan ngemil ,minum saat lagu dan iklan terputar . 

Ada resiko dibalik diterapkannya Live Video streaming. Tapi resiko itu sebenarnya bisa diantisapsi . Kami selalu saling mengingatkan kalau ada teman yang tanpa sadar , menguap,atau ngupil dan ngurek kuping he he he .Maklumlah kebiasaan siaran radio konvensional masih sedikit-dikit melekat.  Ketika kita siaran kita tidak bisa serta merta mengatur lalulintas traffict dalam studio agar sepi . Kadang kadang anda lihat sendiri terlihat sesama penyiar sedang ngobrol bisa terpantau jelas,kadang kadang punggungnya tanpa disadari menutupi kamera sehingga yang terlihat punggungnya doang. Ada juga ketika ada kerusakan computer atau hang keliahatn saat crew sedang perbaiki. Maklum belum ada juru camera  yang ada fixed camera/webcam yang beroperasi tanpa bisa menyeleksi. Webcam ini benar-benar sangat jujur dan polos apa adanya jadi kita mesti antisipasi dengan memasang cahaya putih diwebcam agar kita sadar ada "alat pengintai". Dari banyak peristiwa lucu dan malu maka kami kalkulasi keluarlah sebuh kesimpulan agar ini dipakai sebagai tips siaran live video streaming.

Pertama: Selalulah ngaca sebelum siaran apakah wajah kita sudah rapi .
Kedua  : Gunakan webcam yang mengeluarkan cahaya agar kita sadar sedang online.
Ketiga :  Jangan minder dengan wajah kita percaya diri saja 
Keempat : Jangan ngemil didepan kamera saat waktu senggang dan melakaukan kebiasaan ketikas sendirian diruagan contoh menguap apalagi tanpa menutup tangan. Juga jangan ngupildan Ngurek Kuping.
Ke Lima  : Menjaga kesopanan dan etika 
Keenam : Webcam jangan terlalu dekat karena detail wajah dan pori-pori wajah bakal kelihatan bahkan kerut-kerut dan mimik muka yang aneh karena bawaan ekpresi bicara akan muncul .

Kami selalu mengkalkulasi kejadian sekecil apapun dan separh apapun agar dikemudian hari dihindari . Walaupun sudah 3 Tahun fasilitas ini digunakan di Global Fm Bali tapi tetap masih kami anggap sebagai kondisi baru karena sosialisasi tidak semudah seperti yang dibayangkan. seperti masih banyak audiens yang belum tahu cara akses failitas ini baik lewat PC atau Smartphone dan lain-lain. (bramw)





0 komentar:

 
Powered by Blogger