Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Kamis, 05 Januari 2012

Tips Bicara Di Depan Umum

Bicara didepan umum?..keciil.! kalimat  tersebut mungkin terasa aneh dan terkesan sombong  tapi ketahuilah ini hanya sebuah perkataan yang ingin memotivasi anda bahwa anda pasti bisa bicara didepan umum dan lama-lama anda pasti akan mementikan jari anda yang paling kecil dengan mengatakan ternyata bicara didepan umum Keciiiil ! itu kalau tahu caranya .Kalau diterjemahkan betapa mudahnya biacar didepan umum semudah kita bernafas . Tapi mohon ini hanya diucapkan dalam hati saja tidak usah dibicarakan dihadapan orang . Supaya kita tidak dibilang sombong dan takabur he he …

Pernahkah anda melihat seseorang yang kelihatannya pemalu dan lugu ternyata  dia piawai bicara didepan umum dan membuat kagum banyak orang. Pernahkan anda melihat orang yang banyak bicara di pergaulan sehari-hari  tapi ketika bicara didepan umum mulut terkunci dan bahkan kalimat yang keluar tidak beraturan. Ini sebuah bukti jangan sepelekan  ilmu public speaking dan ilmu alami ia terima . Banyak Pejabat public yang cara bicaranya didepan umum mengandalkan teks dan terbata-bata hal itu ia alami ketika tanpa disangka-sangka diminta memberi kata sambutan. Banyak dosen yang ketika mengajar begitu lancar dan pintar tapi kenapa murid atau mahasiswanya mengantuk, Dan lihatlah kenapa ada dagang obat yang gelar tikar dengan gaya bicaranya mampu membuat orang “mengerubungi” dan antusias ingin tahu.Kenapa ada orang yang mampu bicara didepan umum  "tidak ada isinya".Kenapa ada motivator yangbicara mampu membuat orang betah konsentrasi dari awal sampai akhir. Lalu anda ingin bicara dengan tipe dan gaya apa ?.Ilmu bicara didepan umum sebenarnya tidak akan habisnya karena public speaking terus berkembang. Sama berkembangnya seperti bagaimana piawai biacar ala presenter TV. 


Merasa gugup  sebelum memberikan pidato adalah alami dan bahkan menguntungkan, karena akan memicu kita tetap belajar dan menggali pengalaman .  Tapi gugup terlalu banyak dan terulang ulang dapat merusak situasi. Berikut adalah beberapa Tips ini semoga  mampu membuat anda tampil lebih baik

Menguasai Materi  Pilihlah topik yang Anda tertarik Tahu lebih tentang hal itu dari lalu masukkan dalam pidato Anda. Menggunakan humor, kisah-kisah  pribadi dan bahasa percakapan (dengan cara itu anda tidak akan mudah lupa apa yang harus dikatakan)

Teruslah Praktek ! Berlatihlah dengan keras dengan semua peralatan yang sudah anda rencanakan . Revisi diperlukan. Bekerja untuk mengontrol kata-kata pengisi; Praktek, jeda dan bernapas. Praktek dengan timer dan memberikan waktu untuk ha hal yang tak terduga.

Kenali Penonton . Menyapa beberapa penonton saat mereka tiba. Lebih mudah untuk berbicara kepada sekelompok teman daripada dengan orang asing.

Kenali Kondisi Tempat Acara . Datang lebih awal, berjalan di sekitar area dan praktek berbicara menggunakan mikrofon dan alat bantu visual. Pilih microfon yang menurut anda sangat sesaui dengan karakter vokal anda

Ketenangan   Mulailah dengan menangani penonton. Tenangkan saraf anda dengan menarik nafas panjang dan tersenyumlah dari hati  Jeda  hitung sampai tiga sebelum berkata apa-apa. (buat sebuah hitungan dalam hati ketika dalam hitungan yang ketiga saya akan lebih  antusiasme dan menyenangi  pekerjaan ini..program juga setiap jalan saya dan gerakan ssya menjadi sebuah energi kekuatan  Ini adalah cara Transform energi gugup menjadi antusiasme.

Visualisasi Visualisasikan diri Anda memberikan pidato Anda. Bayangkan diri Anda berbicara, suara Anda keras, jelas dan percaya diri. Visualisasikan penonton bertepuk tangan - itu akan meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Sadari Anda Pasti Sukses Sadarilah bahwa orang ingin Anda berhasil. Audiens ingin Anda menarik, menstimulasi, informatif dan menghibur. Audiens adalah sahabat dekat anda yang sangat membuat anda senang .

Jangan meminta maaf untuk setiap kegugupan atau masalah - penonton mungkin tidak pernah menyadarinya.

Konsentrasi Berkonsentrasi pada pesan yang anda keluarkan jangan terpecah konsentrasi anda dengan kondisi lingkungan dan tempat anda bicara . Fokuskan perhatian anda dari kecemasan Anda sendiri dan berkonsentrasi pada pesan Anda dan audiens Anda.

Imaginasi dan Intuisi anda . Mainkan imaginasi dan intuisi anda sewajarnya tentang sesuatu hal yang memungkinkan anda melahirkan sebuah kalimat tidak terencana tapi muncul begitu saja secara alami dan membuat Audiens anda lebih terkesima . Inilah yang saya sebut sebagai Indra “Ke enamnya Public Speaking” . Tidak setiap orang yang sudah pandai bicara didepan umum memiliki ini.

Cari lah Pengalaman dan “Terbang” sebanyak-banyaknya . Sesulit apapun anda pasti terbiasa . Itu semua karena penglaman Mendapatkan pengalaman. Terutama, pidato Anda harus mewakili Anda - sebagai sebuah otoritas dan sebagai pribadi. Pengalaman membangun kepercayaan diri, yang merupakan kunci untuk berbicara yang efektif.

Dan Cara terakhir bila ada seminar atau workshop atau pelatihan public speaking di kota anda hadirilah  ini sangat membantu membuka wawasan anda dalam agar piawai bicara dodepan umum  .  Saran terakhir gunakan produk  kami  untuk terapi HYPNOSWARA PUBLIC SPEAKING.

Semoga tips ini bermanfaat. Dikutip dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi.


Sumber Gambar : http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcREsbKxSwm0pY72FM3LFquT-5BKkl9To-0ak6vUuS49_lrSSGVh

0 komentar:

 
Powered by Blogger