Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Jumat, 20 Januari 2012

Baca Naskah Live dan Record


Berikut ini adalah beberapa hal aneh yang saya rasakan ketika baca naskah live dan baca naskah record .Kenapa saat kita rekaman baca naskah berita lebih banyak salah dan banyak   "take ulang"  dari pada yang live ?. Ketika membaca naskah live dari pengalaman saya lebih lancar.Dan bahkan banyak teman penyiar lebih lancar ketika live . 

Setelah diselidiki ternyata  mereka yang rekaman selalu berpikir ah ini rekaman bisa dulang biar perfect . Karena inilah  sehingga  justru kesalahan bertubi-tubi muncul dan take ulang berkali-kali muncul saat rekaman . Ketika live sepertinya alam bawah sadar kita sudah conect "jangan salah ini Live' jadi yang terjadi  lancar bacanya . Ya betul emosi  itu pantas untuk yang live . Dari persoalan tenggorokan yang ingin berdehem sampai salah intonasi keluar semua 

Apa yang saya ceritakan ini bisa saja tidak berlaku bagi penyiar yang lain karena masing-masing penyiar uniq . Dan bila anda mengalami hal yang sama dengan saya maka tipsnya adalah : bayangkan dengan rileks bahwa ini adalah live dan pastikan apakah naskah  ada tulisan penjumlahan atau tidak atau ada tulisan asing atau tidak  dan tentu titik koma mesti terlihat dengan jelas.

Tips kedua usahakan naskah jangan baca di kertas tapi langsung dari komputer jadi pencahayaan layar berpengharuh untuk kelancaran . Tapi kalau mesti naskah ada dikertas maka usahakan tulisannya di print dengan ukuran dan ketebalan  yang kita inginkan. Dan spasi jangan terlaku rapat.

Tips ke Tiga Suasana hati anda mesti nyaman  bayangkan bahwa membaca naskah itu adalah sesuatu yang membahagiakan karena didalamnya kita benar-benar memainkan emosi seseorang. Percuma kita lancar baca suara bgaus tapi ketika membaca naskah tidak ada memainkan emosi yang mendengar.

0 komentar:

 
Powered by Blogger