Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Minggu, 11 September 2011

Fenomena Nyambi Orang-Orang Radio

Pengertian kerja nyambi atau kerja sampingan adalah melakukan suatu usaha mendapatkan penghasilan diluar penghasilannya resminya sebagai karyawan dilakukan diluar jam kerja .Yang namanya kerja nyambi saat ini lagi trend dijalankan oleh semua orang yang statusnya sebagai karyawan apapun. Dari jabatan tertinggi sampai terendah. Memang tidak ada penelitian yang menelusuri dengan khusus fenomena nyambi ini. Tapi fakta itu begitu nyata terlihat jelas. Ada yang secara diam-diam tanpa cerita ada yang terang-terangan . Diantara mereka yang nyambi ketika ditanya jawabanya sangat realistis yaitu "kalau saya ngandelin gaji ndak bisa hidup". Ini adalah sebuah solusi daripada mengeluh tapi tidak bisa berbuat apa-apa.

Seorang dengan jabatan direkturpun ada yang nyambi Pertanyaannya adakah saat ini karyawan tidak suka kerja nyambi? saya kira semua suka. Namun bingung mesti nyambi apa . Jangan artikan kerja nyambi sebagai tuduhan karayawan yang tidak loyal. Tapi mari kita balik justru karyawan yang nyambi itu karyawan yang loyal karena tidak ingin membebani perusahaan dengan permintaan macam-macam .

Dalam kondisi seperti itu tetap saja ada yang tidak suka nyambi mungkin karena dia sudah punya andalan misalnya warisan,deposito dan lain-lain. Bisa juga ada karyawan yang tidak punya andalan apa-apa hanya mengandalkan gaji sebagai karyawan jadi dia andalannya mengeluh tanpa berbuat apa-apa .karena bisa jadi dia bingung apa yang mesti dia lakukan .
Jaman sekarang ini pintar-pintarlah lakukan strategi hidup . Jangan terlena dengan zona nyaman yang ujung-ujungnya dalam jangka panjang akan membuat bingung.

Bagaimana dengan di Radio Fenomena nyambi ssya lihat di dunia radio begitu menggeliat . Dan mereka begitu menikmati. Pagi hari ia mampu mengekpresikan kemampuannya sebagai orang radio sepulang dari aktifitas radio iapun tidak langsung pulang tapi "ngobyek" atau usaha macam-macam yang penting menghasilkan duit. Cerita mereka dari hasil nyambi ada yang Lama kelamaan ada juga kerja radio dipakai sampingan dan kerja nyambi dirubah sebagai yang penghasilan utama .

Banyak sekali kita melihat orang-orang radio sukses merinstis sebuah usaha nyambinya dan ada juga yang gagal . Terlepas dari hal itu keinginan mereka itu sangat manusiawi. Sama halnya institusi lian diluar radio tetap problemnya sama . Kita mesti tidak bisa mnutup mata semu butuh duit.

Nah berikut ini adalah bagaimana tips kerja nyambi bagi awak radio agar tidak berbenturan dengan jam dan kepentingan radio.

Pertama Lakukanlah kerja nyambi diluar jam kerja dan halal

Kedua lakukan usaha nyambi yang tidak ada kaitannya dengan usaha yang sama. Agar tidak ada benturan kepentingan

Ketiga jangan menggunakan fasilitas kantor untuk kepentingan nyambi anda

Keempat Hindari penurunan prestasi kerja karena nyambi anda .Banyak orang ketika sukses dengan usaha nyambi maka sering terjadi perubahan perilaku menjadi berkurang kualitas kerja atau loyalitas pada perusahaan .kondisi inilah yang Sering menjadi biang keladi dan menjadikan problem baru


Kelima : Bila anda sukses dengan usaha nyambi anda biasanya ada suara sumbang tentang anda ,itu wajar atasi dengan positip thinking dan selalu ciptakan komunikasi terus dengan team dimana anda kerja

Kalau lima poin ini dipenuhi saya kira semua akan menjadi serba sama-sama aman dan nyaman .

Ketahuilah sebenarnya sebonafide apapun suatu perusahaan dan memberi gaji yang sebesar apapun suatu perusahaan pada karyawannya tapi tetap saja fenomena nyambi ini tetap ada, padahal karyawan sudah berkecukupan , kenapa hal itu terjadi ? karena nyambi tidak selalu berkaitan lagi dengan urusan cukup atau tidak cukupnya gaji tapi pada persoalan banyaknya orang bercita-cita jadi pengusaha bukan jadi orang gajian. Lihatkah sekarang ini banyak sekali orang yang hidup di "dua dunia" dunia karyawan sekaligus pengusaha. Biasanya orang seperti ini lama-kelamaan bakal lebih mencintai usaha pribadinya dan berhenti jadi karyawan . Tapi memang ada juga yang bertahan di "dua dunia" karena pertimbangan tertentu dan baginya ini kenikmatan tersendiri.contohnya yang saya lihat selama ini mereka yang jadi pengusaha dengan basis rumahan dengan mengandalkan internet

Saya secara pribadi juga nyambi sebagai netpreuner lihat dan teliti web ini saya juga punya usaha pembuatan webiste yang franchise maupun non franchise juga menjadikan suara saya sebagai komoditi didunia maya.

Selamat nyambis semoga sukses!


0 komentar:

 
Powered by Blogger