Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Minggu, 03 Juli 2011

Kenapa ada Radio yang ogah OFF AIR

Acara Off air adalah salah satu andalan bagi radio untuk pemasukan iklan yang potensial disamping acara on air . Bahkan ada radio yang setengah penghasilannya dari OFF AIR .Kelebihan radio yang bisa menggalang massa begitu banyak terkadang tidak dimanfaatkan oleh Radio hanya karena masalah klasik yaitu tidak ada orang yang mau diajak bekerja keras dan ketakutan lain . Idealnya Radio itu memang kumpulan dari orang-orang kreatif karena yang mereka jual mesti bersentuhan dengan kesukaan pendengarnya. Tapi kenapa ide team work yang kreatif tidak jalan ? menurut pengalaman saya karena adanya ketakutan off air tidak disuka pendengarnya atau sponsor kedua ketakutan biaya yang timbul akibat dijalankannya ide tersebut dan yang ketiga karena kita banyak mempekerjakan penyiar partimer. Kenapa penyiar partime juga jadi penyebab tidak jalannya ide tersebut?

Alasan tidak ada orang yang diajak mau bekerja didalam team work radio selalu jadi momok . Selama ini pekerja partime penyiar radio biasanya ada yang berprofesi mahasiswa,pegawai instansi swasta lain yang bekerja /siaran setelah diluar jam kerjanya sehingga kebanyakan mereka merasa saat tugas siaran tanggung jawabnya hanya hanya pada saat jam siarannya saja. dan saya lihat memang di Bali ini kebanyakan stasiun Radio sistimnya 9o persen mempekerjakan penyiar partime. Sehingga team inti yang fokus atau yang full time ini tidak mampu bekerja. Bukan itu saja bahkan pekerja full time ini kerjanya banyak merangkap. Bahkan parahnya pekerja full timepun setelah jam kerja usai malamnya harus bekerja tempat lain .

Dalam kondisi ini solusinya Stasiun radio mesti introspeksi kedalam apa kelemahan dari teamnya . Cari tahu faktor penyebab tehnis maupun non tehnis. Radio mesti melibatkan pendengar setia yang fanatik dimana mereka terkadang mau bekerja demi radionya.Untuk melibatkan pendengar dalam team work kepanitiaan off air tentu mereka bekerja dihargai sewajarnya dan bisa juga imbalannya berdasarkan target tinggi dan rendahnya capaian perolehan sponsor.

Kondisi setiap stasiun radio tentu unik tidak bisa disamaratakan tapi biasanya yang paling bisa ditebak kesulitan dengan team yang mau diajak bekerja. Didaerah-daerah kalau kita lihat dari struktur organisasi,ada radio yang hanya memilki : Direktur 1 orang tenaga administrasi dan dibawahnya penyiar radio dengan status partime. Disisi lain ada radio yang begitu lengkap struktur organisasinya bahkan setiap sub ada team worknya.

Apapun permasalahan unik dari semua radio hal yang paling tidak boleh di lupakan adalah LAHIRKAN IDE KREATIF DAN INOVATIF ketika ide itu ada maka KEKURANGAN APAPUN PASTI ADA SOLUSI KREATIF. Ibarat orang yang cacat tidak punya kaki dan cacat lainnya tapi dia mampu berprestasi dan bahkan KAYA bukankah itu banyak terjadi yang bisa kita transformasikan dalam kehidupan radio .


0 komentar:

 
Powered by Blogger