Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Minggu, 08 Mei 2011

Masihkah Jumlah Pendengar Radio Gunakan ukuran "Kira-Kira"

Berapa jumlah pendengar anda wahai radio? kira-kira segini pak,berapa jumaha pemirsa anda wahai Tv ? menurut survey lembaga anu segini,berapa jumlah traffict anda wahai web? yes ada 2.3o5.562 orang. Media mana yang berani secara detail mengatakan jumlah ya betul website. Selama ini media elektronik masih gunakan metode survey atau riset dengan menggandeng institusi independent untuk tentukan jumlah pendengar dan perhitungan lainnya.

Lagi pula konon ada juga research yang “ditunggangi “ kepentingan tertentu .Dan hasilnya juga semakin mengaburkan kenyataan. Akhirnya malah ada fenomena produk yang mensurvey me research sendiri media Radio atauTV bersangkutan sebelum iklannya digeber di media tersebut. Positipnya media tidak repot lagi . Tapi tidak semua produk punya kepedulian mensurvey media . Produk yang berani lakukan research sendiri biasanya hanya produk besar . Jadi benarkah kebanyakan radio saat ini menggunakan teori “rasa-rasanya”,teori “kira-kira”? dalam menentukan jumlah pendengarnya?.

Berapa banyak sih radio yang berani menyewa tenaga riset independent dan professional? Tidak banyak memang tapi sebenarnya bukan itu masalahnya yang saya ulas .Ini lho masalah utamanya kita hanya iri dengan kemampuan tehnologi internet dimana tanpa biaya dan sekali klik bisa diketahui hasil traffict/ pengunjung web secara detail atau istilah bahasa spontan saya “detail mreketil” dan kebenaranya tidak disangsikan lagi. Kita bisa lihat riset selama blog berdiri ,selama tahunan,bulanan ,mingguan bahkan harian bisa diketahui secara jujur”detail mreketil”
Makanya media web/blog banyak disasar para pengiklan akhirnya kue iklan terbagi porsinya ke media internet . Jatah iklan Radio berkurang . Dan bahkan pengiklan dimasa yang akan datang lebih “mabuk kepayang” dengan media internet. Karena kita lihat saja media internet kecepatan tinggi sudah ada digenggaman tangan berupa smartphone dengan harga yang terjangkau . Lalu apa yang bisa dilakukan radio ?. Solusinya radio anda di” website-kan “ dan kelola web itu secara serius. TV juga sudah banyak yang di website-kan. Koran juga banyak yang diwebsite-kan dan website tersebut dijadikan lahan bisnis bila traffictnya tinggi.

Siapa sih yang berani mengatakan pendengar radio anu umpanya disebut 75.531 orang yang dengar ,sedetail itu ? Beda dengan pengunjung web bisa secara detail diketahui . Kebanyakan pengunjung web anda dari Negara mana ? jam berapa berkunjung ?, halaman apa yang dibuka?,saat buka menggunakan system operasi apa windows atau handphone Blackberry ,sampai merk handphonenyapun diketahui . Semua itu itu bisa diketahui secara jelas dan jujur dan bukan khayalan.

Sebagai contoh misalnya blog www.bramwijaya.com per 7 Mei 2011 pengunjungnya dari Indonesia 8.073 orang ,urutan kedua amerika 1.341 orang . Kebanyakan menggunakan browser apa juga bisa diketahui yaitu Fire Fox 7.150 orang ,kebanyakan menggunakan operating system apa ? windows 10.453 orang . apakah ada yang gunakan Blackberry ? ada 126 orang yang gunakan Nokia 76 orang , Iphone 14 . Posting atau tulisan apa yang sering dibaca atau dibuka Ini bisa diketahui berkat layanan blogger.com yang memberi fasilitas menu Traffict pada manajemen Blog sebagai layanannya yang diberikan pada pemilik Blog.

Mungkin kunjungan ke blog ini masih belum seberapa tapi ada sebuah kepuasaan bathin yang mampu menyetir saya sebagai pemilik blog ini mengetahui selera pengunjung blog dan target pasar untuk jualan produk. Contoh selera pengunjung blog ini kebanyakan suka baca “Sudah bangkitkah suara perut anda ” dan “Baca berita yang baik dan benar “
Bila Radio siaran memiliki radio streaming yang dengarpun saat ini bisa secara detail diketahui . Inilah tehnologi internet yang begitu detail mampu mengendus dari jumlah orang sampai lokasi serta jam membuka web . Maka tidak heran para pengiklan mampu melihat secara kongkrit target sasaran produknya .

Dari Informasi ini lalu kita berkhayal kapan radio siaran atau siaran Tv bisa sedetail itu ya ? . Umpamnya yang dengar radio anu menggunakan merk radio anu ,saat mendengar lagi ada dijalan anu ,kebanyakan yang mendengar di daerah anu, jam berapa setel radio bisa diketahui.Kemudian ada layar monitor yang mengetahui kalau didaerah jalan Gajah Mada umpamanya ada 7 orang yang denger .Kemudian pendengar dengan radio mobil terdetekesi ada 101” On” radionya . Ha ha mungkin ini dianggap khayalan tingkat tinggi. Mudah-mudahan terwujud ya .

Mungkin itu bisa saja diketahui namun membutuhkan riset dan wawancara dan memakan waktu kemudian potensi melesetnyapun ada serta biayanyapun besar Bandingkan saja dengan tehnologi di internet dalam sekali klik ketahuan data-data tersebut tanpa riset dan biaya besar serta tanpa menggunakan kata “kira-kira” lagi. Tidak lagi kalau Radio diwebsite-kan dan di Streaming-kan .(Brmw)

0 komentar:

 
Powered by Blogger