Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Senin, 31 Januari 2011

Voices.com Solusi Online Bagi Pekerja Suara


Seiring dengan perkembangan jumlah TV swasta nasional dan Tv lokal dan seiring dengan perkembangan tehnologi periklanan . Profesi pengisi suara ,sulih suara atau lebih kerennya Voice Over talent di Indonesia masih dianggap sesuatu yang asing belum familiar pelakunyapun masih sedikit padahal keberadaan mereka sangat dibutuhkan. Apalah artinya iklan Tv ,Radio ,company profile ,Film bila tidak ada para dubber . Tentu akan terasa “mentah” dan pesan yang mau disampaikan akan tidak nyambung. Bukan itu saja pengisi suara akan berpengaruh pada citra dan kredibilitas produk atau perusahaan.

Kebutuhan Voice Over Talent Semakin Meluas

Lihat Iklan-iklan di TV dan Radio bukankan sebagian besar iklannya menggunakan jasa seorang Voice Over Talent .Karena itu ada juga istilah Commercials Jockey (CJ). Jadi Sangat jarang iklan TV tanpa melibatkan suara seorang Voice Over Talent.
Siapapun bisa menjadi Seorang Voice Over Talent dan tidak memandang umur dari anak kecil ,remaja,dewasa, Tua. Yang penting ada peran karakter tertentu yang dibutuhkan dalam pembuatan iklan.

Sebagai contoh misalnya produk jamu perkasa tidak mungkin diisi suara dengan karakter suara yang tidak berwibawa . Dan tidak mungkin produk permen diisi oleh suara yang berakarakter penuh wibawa dan suara “tebal”(ngebas).

Saking pentingnya profesi pekerja suara di Indonesia sekolah spesialis dubberpun sudah ada di Indonesia .Bahkan di luar negeri profesi dubber sudah dianggap sebagai profesi terhormat atau dihargai dan menyatu dalam sebuah komunitas.
Seorang dubber profesional ketika mengisi suara iklan misalnya tidak lagi sekedar menjual suaranya yang berkarakter tapi lebih dari itu suaranya dibeli untuk mengangkat citra /image produk .

Jadi memang Voice Over Talent tidak mesti harus memiliki suara bagus lagi tapi harus memiliki karakter tertentu yang dianggap pemesan cocok untuk diperankan oleh suaranya .
Dulu Voice over talent tugasnya hanya sebatas membaca script berita tv namun dalam perkembangannya tugas dubber bukan hanya sebatas itu tapi sudah semakin meluas seiring dengan perkembangan tehnologi misalnya saat ini dubber ada yang dibeli suaranya untuk audiobook , suara iklan di website untuk nada panggil Handphone atau suara sms ,misalnya “Bos Ada Panggilan Dari Teman Bisnis” kemudian misalnya “Bos Ada SMS “ suara-suara ini dijual ke layanan content provider .

Bahkan penulis pernah mengisi suara untuk motivasinya Hermawan Kartajaya untuk pesanan sebuah produk penyedia jasa layanan content komunikasi .Itu hanya bukti tenaga sulih suara tidak hanya ngurus isi suara berita tv dan iklan saja tapi lebih luas dan merambah ke sesuatu yang dulu tidak terpikirkan. Jadi seseorang yang punya handphone “Reg spasi “ maka akan muncul suara motivasi.

Voice Over Talent Belum Maksimal di Hargai

Pertanyaannya apakah profesi Voice Over Talent sudah dihargai di Indonesia ? jawabannya beragam tergantung clientnya . Dalam kasus tertentu banyak client yang terkejut mendengar bayaran yang dikatagorikan murah sebagai sangat mahal oleh mereka dan bikin mata terbelalak. Dilain pihak ada client yang tanpa “ba-bi-bu” langsung bayar didepan lunas !
Masih tentang harga menghargai cerita lain karena masih kental dengan budaya kekeluargaan jadi ada yang bayarnya “harga keluarga “ dan yang lebih miris lagi dibayar dengan “harga janji” ha ha ha . Tapi mungkin ini ada hikmahnya suara kita kita lebih dikenal. Dan mungkin dibayar dengan rejeki yang lain amiin …

Karena kondisi ini maka lahirah blog http://www.bramwijaya.comyang sekaligus sebagai toko suara yang saya kondisikan agar bisa lebih merambah ke penjuru tanah air dan dunia.
3 tahun kelola blog ini saya informasikan pemesan terbanyak masih dalam dunia periklanan sisanya pemesan dari orang nikah yang videonya minta diisi suara .
Walaupun saya sudah miliki kelola toko online pribadi tapi ternyata mesti wajib mencoba masuk dalam sebuah komunitas Voice Talent Dunia . Bagaimana dan dimana ya ? setelah dicari kesana kemari ketemulah Voice.com .

Voices.com Membayar Suara Dengan Dolar
Dalam perkembangan selanjutnya untuk lebih menghargai para pengisi suara, banyak situs yang mengelola secara serius bisnis sulih suara .Merekasecara terbuka mengundang seluruh warga diseluruh dunia dengan bahasa apapun dan umur berapapun yang memiliki ketertarikan dengan profesi Voice Over Talent ini bisa bergabung .

Sebagai contoh VOICES.COM. Dalam situs ini mereka yang bergabung bahkan diantaranya tidak punya latar belakang Tv dan Radio . Situs ini menjadi semacam tempat ngumpul antara client pemesan suara dan Voice Over Talent. Pihak Voices.com menyediakan systemnya untuk sama-sama memberi keuntungan.

Voices.com memberikan halaman web gratis atau URL yang sesuai dengan yang anda sukai . URL gratis ini nantinya bisa kita fungsikan sebagai toko online untuk suara anda Serta disediakan halaman admin untuk kelola transaksi . Bila ada yang tertarik Administrator Voices.com akan memberitahu ada JOB untuk kita rekam.
Anda mesti mampu merekam suara anda dalam format mp3 atau format lainnya yang diperbolehkan pihak VOICES.COM.. Selanjutnya pelajari tutorial training online yang disediakan Voices.com dalam bentuk video.

Nah bagi anda para penyiar TV dan Radio atau siapa saja yang merasa tertarik dengan profesi voice over Talent yang menjanjikan ini silahkan gabung di http://bramwijaya.voices.com ini adalah website gratis yang diberikan portal bisnis suara terbesar voices.com kepada para profesional dibidang suara . dimana system yang ada dalam situs ini akan mengatur secara online proses pembelian suara anda dengan client . Dan Anda bisa merasakan sebuah penghargaan atas suara Anda yang dibayar dalam bentuk Dolar .
Untuk bergabung disitus ini jangan pernah anda berpikir suara bagus atau jelek karena dalam dunia Voice Talent yang dicari adalah suara yang berkarakter. Teruslah berlatih anda pasti bisa

1 komentar:

Kinko Trading mengatakan...

Dear Sir,
Terima kasih atas infoemasinya, sdh lama saya mencari infi ini, dan saya sangat tertarik karna suara memiliki karakter ngebass, mhn petunjuk lbh lanjut ttg bisnis suara ini.

Saya : Dayat

aedenpasar@yahoo.co.id

 
Powered by Blogger