Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Sabtu, 08 Januari 2011

Jurnalis Kagetan


Banyak yang mungkin belum sadar bahwa Jalanan yang sering kita lalui sehari-hari adalah sumber informasi yang tidak bakal habis untuk diangkat . Jalanan Bisa di abadikan dalam berita photo atau ditulis . Walaupun hanya sebuah photo bisu namun photo itu "mampu bicara ". Walaupun photo yang ringan asal-asalan tapi sudah menjadi katagori berita photo . Fenomena citizent journalism adalah sebuah keniscayaan yang harus kita hadapi khususnya awak media resmi untuk bekerjasama dengan para jurnalis dadakan ini . Era yang akan datang adalah era informasi super instant. Saat ini kita tidak mampu menahan lajunya desakan tehnologi . Bagi yang kreatif kondisi ini pasti akan mendatangkan manfaat positip.


Banyak sekali teori tentang jurnalistik. Teori yang dulu dipakai untuk sebuah acuan para jurnalis karena perkembangan jaman ada yang sudah tidak dipakai . Dulu mutlak yang berhak membuat berita adalah wartawan .Wartawan resmilah yang boleh menyebarkan bahkan mereka mesti harus jadi anggota PWI . Tapi sekarang apa yang terjadi orang biasa mampu bikin berita .

Tehnologi IT yang pergerakan kemajuannya dalam hitungan bulan ini akan melahirkan budaya-budaya baru . Salah satunya adalah budaya main sebar berita . Mereka ada yang menyebar dengan serampangan dan ada juga yang penuh perhitungan . Dulu tidak pernah terpikirkan bahwa orang biasa mampu menggetarkan jagat berita dengan postingan via internet atau jejaring sosial . Sebenarnya untuk memulai sebuah minat pada dunia jurnalisme itu gampang mulailah dari hal yang mudah yaitu posting tulisan informasi ringan di Blog , FB Twitter . Kemudian memposting photo-photo ringan yang menarik menurut perasaan kita .Nah dalam hitungan menit dia sudah melakukan kelakuan jurnalis. Namun perlu diberikan edukasi yang emsti diberikan para jurnalis warga tentang apa yang pantas dan tidak pantas .

Masyarakat saat ini ketika bepergian kalau kita geledah pasti dikantongnya 90 persen bawa HP dan pasti HP mereka minimal sudah ada camera photo atau video . Diantara mereka yang punya HP pasti memiliki "sense Of usil" . Usil yang baik yaitu kalau ada apa -apa yang aneh pasti mengeluarkan HP dan diphoto entah itu photonya mau dikonsumsi sendiri atau temannya atau mereka yang punya sense sebagai jurnalis akan membagikan melalui Blog ,FB atau yang lainnya .Mereka yang memiliki potensi suka kaget dan reflek mengeluarkan HP dan main jepret perlu disalurkan bakatnya

Saya pikir radio siaran dengan format berita bisa mensikapi ini actionnnya adalah beriwadah bagi mereka untuk bekerjasama dalam mencipatakan berita .

0 komentar:

 
Powered by Blogger