Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Minggu, 05 September 2010

Face Book Untuk Siaran Info Mudik

Dalam masa mudik lebaran biasanya radio yang memiliki jaringan luas akan memanfaatkan radio satu group untuk bikin acara info mudik . Dan yang tidak memiliki jaringan radio group tentu akan menawarkan kerjasama dengan stasiun –stasiun radio siaran di jalur yang dilalui jalur mudik . Radio jaringan didaerah menerjunkan reporternya dengan sistim dan standard yang sudah ditetapkan . . Disinilah radio mesti memanfaatkan momen ini ujung-ujungnya untuk raih iklan ,sakaligus membantu para pemudik selama dalam perjalanan mudik.


Info mudik lebaran memanfaatkan reporter yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Tapi bagi radio yang tidak memiliki jaringan radio tentu tidak usah berkecil hati karena kita bisa manfaatkan para Jurnalis Warga atau bahasa kerennya Citizent Journalism dengan memanfaatkan Face bookers.
Fenomena Face Book bagi radio yang kreatif akan membawa manfaat yang luar biasa bagi radio termasuk juga untuk urusan laporan ala rakyat jelata ini . Apa yang bisa kita manfaatkan saat moment mudik ini bagi radio dan para face bookers ? ya ajak mereka menulis statusnya dengan thema situasi kondisi lalulintas atau peristiwa apa saja yang terjadi dijalan atau tempat tinggalnya .
Kalau istilah teman-teman radio para face bookers yang jadi jurnalis dadakan ini disebut dengan Jurnalis FB biar keren katanya atau ada istilah lain Journalis FB FM kemudian ada istilah reporter CJ (citizen journalism).
Lalau kenapa mesti Face book jelas situs ini sudah sangat popular dan akses bisa menggunakan HP jadi pasti lebih praktis dan nyaman.
Selama ini radio sebenarnya sudah terbantu untuk info lalin harian saat siaran biasa dari face bookers. Yang penting sekarang radio harus mampu mengarahkan para face bookers dengan edukasi yang berkaitan etika jurnalistik warga .
Banyak radio yang sudah memanfaatkan face book untuk member kemudahan para facbookers untuk pesan lagu kesukaan atau memberi opini atas thema diskusi itu
Seorang face bookers pernah meminta dikirimkan standard menulis berita untuk face book yang mau laporan ke radio . Maka saat itu juga kami berikan secara singkat . Ini bukti menulis info actual di face book mempunyai kenikmatan tersendiri . Radio berita yang tidak memanfaatkan citizen journalism dari jejaring social rasanya kurang lengkap.
Memanfaatkan para face booker untuk diajak memberikan info mudik tentu ada baik dan buruknya tapi bagi radio yang mengutip info dari para jurnalis warga (citizen journalism) mesti punya standard dan system yang perlu disosialisasikan pada penyiar yang bertugas dan para facebookers.
Berikut ini adalah positip negative yang terjadi bila memanfaatkan facebookers postipnya :
1. Informasi lebih luas jangkaunya
2. Praktis hemat biaya
Negatifnya : info para face bookers ini apakah benar valid atau tidak ,susah diketahui secara pasti tapi kalau seorang facebookers sejati pasti tidak “macam-macam” kok . terkepas dari itu semua gunakan standard dans istim kerja buat penyiar untuk mengutip info dari Journalis FB
Radio bisa juga memberikan doorprice untuk face bookers dari sponsor.atau tidak kalau tidak punya doorprice kasih hadiah lagu saja he he
Apakah radio anda sudah memanfaatkan face bookers kalau sudah apakah sudah mengedukasi mereka atau setidaknya berikan pada mereka standard sederhana dan tidak njlimet . Berikut mungkin contoh standard sederhana yang diperlukan untuk kelola facebookers dan juga standard sederhana yang diberikan pada penyiar .
Standard kerja untuk Face bookers
1. Informasi hanya berhubungan dengan lalu lintas atau peristiwa apa saja yang ada dijalanan .
2. Sebutkan lokasi anda saat anda menulis status
3. Informasi tidak boleh memfitnah atau mencemarkan nama baik seseorang. Tidak bernuansa sara dan promosi.
4. Kalimat singkat dan jelas tanpa menggunakan singkatan yang tidak lazim
5. Gunakan kode Info Mudik diawal tulisan
6. Dll
Standard atau aturan main tidak perlu njlimet dan memberatkan .
Kemudian buat juga standard untuk penyiar studio yang akses informasi dari Face Bookers umpamanya :
1. Baca informasi diudara jam …. Sekian kali
2. Sebelum baca edit terlebih dahulu kalimat apakah bisa dimengerti atau layak baca atau tidak
3. Wajib Ucapkan terima kasih untuk face bookers
4. (kalau ada sponsor ) Umumkan facebookers akan dapat bingkisan dari sponsor hadiah bisa diambil langsung atau akan dikiri via pos
5. Dll.

Apakah Radio anda sudah berpikir kearah ini bila belum gunakan ide ini untuk tahun depan siapa tahu bermanfaat.





0 komentar:

 
Powered by Blogger