Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Sabtu, 03 April 2010

Keluar Dari Rutinitas Penyiar


Sedari dulu saya selalu menyukai hal baru yang berhubungan dengan dunia siaran atau diluar dunia siaran . Tapi ujung-ujungnya terkait dengan dunia siaran atau mungkin suatu saat berguna itulah yang selalu muncul dibenak saya, Dan semua saya tekuni dengan sabar santai dan serius. Inilah yang membuat saya merasa lebih enjoy dan terhindar dari rutinitas. Sejatinya bukankah setiap penyiar pasti kurang menyukai rutinitas. Tapi tidak setiap penyiar mampu keluar dari rutinitas itu karena bisa jadi tidak ada yang menjadi pemicu semangat. Saya dengar ada juga yang menikmati rutinitas itu

Rutinitas bisa saja melanda Radio secara institusi dan akhirnya menjalar ke penyiar secara individu. Rutinitas yang terjadi di diri kita yang bikin gelisah adalah : Rutinitas kemampuan hanya itu-itu saja dan rutinitas penghasilan hanya segitu-gitu saja. Dua rutinitas inilah yang sering tanpa disadari mengganggu pikiran . Tapi gangguan rutinitas ini sering tidak membuat hati kita tergerak untuk melakukan sesuatu untuk keluar dari “keterkukungan pikiran” . sebaiknya Ciptakan dan wujudkan kehidupan kita sebagai penyiar secara luas lebih variatif dan lebih beda .
Jangan alergi untuk mengatakan kekurangan kita dalam siaran dan jangan alergi untuk mengatakan penyiar butuh penghidupan yang lebih baik . Tapi ada teman penyiar masih terpaku dengan keyakinannya dengan berdiam diri tidak ada perubahan ,pasrah dan nrimo bahkan banyak penyiar yang punya ide luar biasa untuk masa depannya tapi mentok tidak ada action yang menggerakannya. Mungkin saja sikap mental ingin melihat hasil secara cepat membuat diri menjadi down ketika terjadi gangguan atau bahasa kerennya trial and error. Mungkin saja tidak ada dukungan atau apatisme lingkungannya.
Sukses Berawal Dari Keisengan dan Kebetulan
Sudah tidak jamannya lagi kita mengeluh sementara kita sendiri tidak mau terbuka pikirannya untuk mencari solusi. Maka itu sama dengan kita memang suka dan menikmati keluhan . Yang membuat nasib kita berubah lebih baik adalah diri kita sendiri .
Pernahkah anda sebagai penyiar mewawancarai seorang pebisnis ulung dan ia menceritakan sejarahnya suksesnya yaitu ,dia mengawali dengan “keisengan” bahkan ada pebisnis yang memulainya bisnis dengan “kebetulan” ternyata menghasilkan maka iapun serius menjalani sambil terus belajar. Energi iseng dan energy kebetulan menjadi sejarah awal para pebisnis sukses. Disamping itu Banyak pebisnis sukses berawal karena hobinya yang awalnya iseng. Tapi ada juga seseorang lakukan langkah iseng tidak berbuah apa-apa karena mungkin ia tidak pernah memamerkan buah karya iseng itu ke orang lain.
Sebagai contoh saya menulis satu judul tulisan ini juga atas dasar iseng karena sebagai pengisi waktu dan ditambah karena ada faktir pemicu yaitu bosan berdiam diri tanpa aktifitas. Pemicu lain tentu ada ingin hidup lebih baik dan seimbang .
Belajar dari cerita itu ayo mari kita action untuk jalani ke-iseng-an (iseng positip) untuk berbisnis online. Semoga peristiwa “kebetulan “ ini menjadi jalan terbaik. Alangkah baiknya menjalankan bisnis berbasis hobi. Dan itu di-ONLINE-kan apapun itu yang penting halal. Jangan takut dengan kata yang sering mengantui yaitu “jangan-jangan” begini “jangan-jangan” begitu yang ujung-ujungnya ketakutan dan keraguan tapi ubahlah dengan kata ”siapa tahu” sekali lagi SIAPA TAHU akan sukses.
Tulisan iseng yang saya buat ini jangan diartikan bahwa saya sudah sukses luar biasa tapi artikanlah bahwa berbuat nyata atau action nyata itu lebih baik dari pada sebuah rencana .
Globalisasi Sebuah Keniscayaan cicipilah !
Berikut ini Ada beberapa banyak peristiwa yang merupakan hasil “keisengan” dan “kebetulan” berbuah langkah betul dari awam bisnis online menjadi paham (walaupun belum ahli) semoga bisa jadi pemicu kawan-kawan penyiar atau siapa saja .
1. Dulu saya tidak pernah mengira bila suara saya bisa dijual maksudnya bukan dijual untuk pilkada lho tapi voice over bisa dijual seperti barang dagangan dan itu sudah saya nikmati . Era internet membuat bisnis suara dipajang secara online dengan pangsa pasar tidak terbatas. Betul saya tidak menyangkal secuilpun untuk berpikir suara (voice over) dibisniskan secara online di blog dan website . Semua ini saya jalani dengan pijakan awal yaitu ke-isengan dan belajar outodidak dan berdoa . dan yang lebih nikmat dikerjakan dirumah .
2. Dulu saya tidak pernah mengira saya bisa punya website dan blog tapi sekarang sudah punya blog dan malah jualan website /domain sebuah pekerjaan yang tidak ada hubungannya dengan dunia siaran dan saat order itu datang saya kerjakan dimalam hari besoknya client di sms bahwa website sudah online.
3. Dan yang terakhir tidak pernah mengira saya bakal bisa menyusun ebook dan menjualnya di internet dan bukunya justru dibutuhkan oleh kalangan dunia siaran yaitu “Trik dan Tips Membuat Radio Streaming dalam 10 menit “ banyak radio yang beli karena mereka bisa menghemat investasi jutaan rupiah .Bahkan ebook ini disuka anak-anak sekolahan buat praktek siaran katanya.
4. Tidak mengira saya juga menjualkan produk orang lain di internet padahal didunia offline saya tidak terbiasa jualan produk orang lain.
5. Dan keisengan yang terakhir saya ikut investasi sebuah bisnis voucher wisata .Kenapa saya ikut karena masih berbau online dan SIAPA TAHU BERHASIL tapi tanda tanda berhasil itu muali nampak.
Cerita diatas hanya sebuah contoh kecil betapa keisengan positip berbuah manis . Situasi “kebetulan” yang selama ini tercipta berbuah ”langkah yang menyenangkan dan menghasilkan “.
Dan semua kegiatan bisnis produk digital begitu banyak saya kerjakan hanya didalam kamar sebagai studio jadi-jadian tapi JADI MENGHASILKAN


1 komentar:

Halaman Samping-nya Inung mengatakan...

Perjalanan otodidak ini menarik banget :) apalagi sobat Bram menikmati aktivitas siaran dan juga bisnis online :) salute!

 
Powered by Blogger