Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Minggu, 25 April 2010

Kebangkitan Online


Para netpreuner selalu mengatakan: jaman sekarang apa sih yang tidak bisa di Online-kan? . Kalimat inilah yang seharusnya menghantui perasaan penyiar agar MAJU dan terpancing untuk mencicipi “nikmatnya” online ,. Yang sering kita alami adalah kita dihantui perasaan yang mengatakan dalam alam bawah sadar kita “aku Gaptek” , ”aku bukan tamatan sekolah IT “ , ”Aku sudah tua nggak masanya lagi ngurus online” , “Aku takut ini dan itu “, ”aku sibuk” ..
Memang kesuksesan tidak hanya ada pada urusan online saja . Online hanya satu dari ribuan tujuan sukses nah kebetulan saja di era sekarang ini internet oleh para ahli dikatakan jadi trend masa sekarang dan masa depan . Bahkan radio BBC Indonesia mengatakan internet sebagai Super Power Dunia . Dalam promo acara Super Power BBC ada pertanyaan yang dilontarkan dubbernya “siapa yang bisa menghindar kekuatan internet” pertanyaan ini bisa kita artikan “mereka yang berusaha sekuat tenaga untuk cuek terhadap internet pada akhirnya juga akan sekuat tenaga bersentuhan dengan internet .


Sama halnya ketika dulu handphone baru muncul banyak orang yang berkomitmen tidak mau membeli handphone dengan mengatakan tidak ada manfaatnya,mahal, Lalu sekarang apa yang terjadi orang tersebut malah menjadikan handphone sebagai bagian dari hidupnya ,hanphone ibarat “istri kedua” dan urat nadi bisnisnya.
Inilah beberapa poin yang saya dapatkan kenapa mereka akhirnya bersentuhan dengan tehnologi /internet .
1. Perasaan malu karena kinerja menjadi jadul dan lambat
2. Banyak kekhilangan order karena persaingan sebab kompetiter selangkah lebih maju
3. Kerugian yang dialami menjadikan tergerak untuk memulai cari solusi tehnologi.
4. Sudah Jadi trend maka seseorang tanpa pikir panjang ber-Online-ria.

Kebanyakan seseorang itu kagum pada sebuah ide hanya mengatakan “ini bagus” ,“ide bagus” namun stop sampai sebatas kagum doing bukan mengatakan “bagaimana caranya saya bisa merelisasikan “
yah semua masih sebatas kagum tanpa action melakukan sesuatu untuk kemajuan stasiun radionya padahal ide itu saya berikan gratis saya hanya berpikir satu agar tidak menjadi stasiun SGA (segitu-gitu aja) mereka ada yang masih terlalu sibuk dengan urusan
Mudah-mudahan tulisan ini bisa MENGHANTUI kita semua sebagai penyiar untuk bangkit . Kalau selama ini ada istilah KEBANGKITAN NASIONAL maka itu secara pribadi saya terjemahkan sebagai KEBANGKITAN ONLINE , kebangkitan untuk menjadi yang terbaik ,kebangkitan untuk tampil beda dan kebangkitan untuk memberi arti pada nila-nilai kehidupan yang kita jalani . Kebangkitan online bisa juga diartikan sebagai mengurangi atau menghindari efek negative dari internet.
Lalu dalam upaya kebangkitan online ini apa yang bisa kita kerjakan sebagai penyiar. Bisnis Ala Penyiar yang bisa dikerjakan dengan basis rumahan yaitu menjual suaranya untuk iklan Tv Radio,Company profile dan film dokumenter . Tehnologi memungkinkan kita tidak perlu mendirikan studio besar tapi cukup Laptop dan PC bahkan ada tanda-tanda tehnologi HP sudah mensupport / mampu merekam suara dengan kemampuan PC . Akses internet cepat kini sudah merambah HP .
Harga laptop sekarang murah dan yang pasti bila laku suaranya cepat kembali modal . Kemudian koneksi internet semakin murah banyak provider perang tarif dan perang tehnologi ,kondisi ini yang diuntungkan adalah konsumen disanalah kita seharusnya memanfaatkan moment ini.
Tidak dibutuhkan suara bagus karena suara bagus belum ditemukan terjemahannya . Yang penting suara punya karakter dan khas pasti akan ada yang beli .Atau kita yang tidak punya ketrampilan ini bisa bikin makelar suara (MARSUA) secara online yang pasti lebih halal dari pada jadi makelar kasus (MARKUS) tapi dalam bisnis ini suara sayapun sudah biasa pakai jasa makelar yang penting jelas standard dan aturan mainnya.
Caranya kita bisa bikin web atau blog yang mengkoleksi pajangan contoh-contoh suara teman-teman penyiar yang bisa di play secara online . Bukankah ini mengasyikan karena munculnya sebuah layanan baru yang masih bersentuhan dengan dunia penyiar atau dunia siaran.
Lihat photo gambar yang saya sertakan itu adalah contoh bagaimana kita memanfaatkan tehnologi internet dalam hal ini email untuk kirim voice . Kapan saja,dimana saja kita bisa lakukan bisnis ini . Begitu gampangnya mengirimkan suara sehingga jangkauan kita menjual suara bukan lagi main lokalan tapi Indonesia dan DUNIA!!
Promosinya gunakan blog atau website pribadi atau beriklan di iklan baris gratis yang banyak betebaran didunia maya. . Bikin Blog murah bahkan nyaris gratis dan bikin web juga murah sekali biayanya saya tahu persis karena saya sendiri jualan website /domain murah.
Akhirnya semua tergantung kita sebagai penyiar apakah mau jadi penyair atau awak radio yang biasa-biasa saja atau yang luar biasa. Mau jadi penyiar yang SGA (Segitu-gitu-aja) atau SGA (Segala-galanya ada). Penyiar punya otoritas atas kemajuan diri sendiri.
Kemajuan yang harus dikejar penyiar ada dua : memajukan instusi radio tempat dia cuap-cuap dan tugas memajukan diri sendiri yang tidak ada hubungannya dengan perusahaan ,ini sah-sah saja asal positip dan tidak menganggu jam kerja.


0 komentar:

 
Powered by Blogger