Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Minggu, 28 Maret 2010

SKYPE UNTUK INTERAKTIF SIARAN RADIO


Kalau selama ini Radio saat interaktif dengan pendengar menggunakan HP atau telpon rumah bukankah itu sudah biasa kemudian pendengar gunakan SMS untuk untuk opininya itu sudah biasa , dan yang terakhir gunakan Facebook juga sudah biasa lalu yang belum biasa itu apa ya ?. Saya temukan jawabannya interaktif dengan SKYPE. Tehnologi skype ini sudah tergolong lama tapi kalau digunakan untuk media siaran seperti radio dan TV rasanya belum. Kalau memang belum bagaimana kalau kita mulai dari radio siaran .


SKYPE itu layanan komunikasi VOIP yang sebenarnya sangat canggih namun karena mungkin dianggap ribet sepertinya fasilitas ini belum banyak digunakan bahkan dulu saya mengenyampingkan tehnologi ini karena sementara belum dianggap bermanfaat (sebab saat itu radio stasiun kita belum streaming) . Tapi ketika Radio Global FM Bali sudah bermain di video live streaming ternyata berkata lain yaitu SKYPE sangat bermanfaat.
Saya berpikir radio yang berstreaming ria sudah mesti sediakan fasilitas bagi pendengar luar Bali dan luar negeri agar bisa berinteraktif bukan lewat telpon ataupun SMS dan Face book tapi Skype . Atau Skype sebagai pelengkap disamping fasilitas telpon Sms dan facebook. Karena kita tahu saat ini dijaman keterbukaan dan kebebasan beropini bagi sebagian orang sudah menjadi KEBUTUHAN. Maka munculah ide agar gunakan SKYPE dimana sofwarenya bisa didownload di http://www.skype.com
Ide yang saya tangkap ini sempat tertunda karena kesibukan banyaknya acara Radio yang meski saya tangani. Benar juga ternyata ada pendengar dari luar negeri yang dengarkan via streaming dan meminta buka layanan bagi pengguna SKYPE sebab dirinya ingin sekali beropini . Saya langsung jawab SEGERA AKAN KITA WUJUDKAN.
Saya amati belum banyak yang gunakan skype untuk siaran radio padahal kualitas suara ketika pendengar berinteraktif via skype suara pendengar seperti kualitas suara studio bukan suara kualitas telpon (walaupun ini juga tergantung kualitas mic pengguna) . Stasiun TV juga belum ada yang gunakan SKYPE untuk interaktifnya padahal secara tehnis ini bisa. Dan sebenarnya SKYPE sendiri bukan layanan untuk radio siaran tapi untuk komunikasi pribadi layaknya HP dan telpon. Cuma akan kita manfaatkan untuk disinergikan dengan siaran Radio .
Khayalan saya sebagai awak radio ingin agar pendengar luar Bali yang dengarkan streamingnya radio Global FM Bali bisa ambil bagian dalam interaktif bahkan yang diluar negeri. Khayalan itu sebenarnya sudah ada didepan mata dan akan diuji cobakan hari senin 29 Maret 2010
Cara aktifasi Skype untuk siaran
Kalau diteliti cara aktifasinya sangat mudah cuma mungkin saja yang bikin ribet ada proses menyeting suara dan ada keterlibatan kabel (kabel headphone dan mic ) .Inilah yang mungkin saja karena pengguna skype tidak sebanyak facebook . Tapi saya merasa yakin ini hanya karena faktor ketidaktahuan saja padahal untuk aktifasinya sangat gampang dan untuk berkomunikasi sesama member skype gratis. Dan untuk menelpon dan SMS harus bayar tapi bayarannya masih tergolong murah. Tapi Radio tentu cukup gunakanfasilitas antar member supaya gratis dan tidak perlu harus gunakan telpon cukup gunakan PC atau Laptop dan Iphone.
Nah untuk pendengar sebenarnya hanya cukup gunakan PC atau LapTop dan sudah jelas ada fasilitas internet . Aktivasi bagi pendengar sebenarnya mudah sekali tapi yang tingkat kesulitan ada pada radio siaran karena melibatkan peralatan mixer studio dan sedikit main soder untuk menyambung kabel. Karena prinsip penyiar Global harus menjadi serba bisa maka pekerjaan layaknya tehnisi radio dadakan kami lakukan… Bila ini berhasil mungkin radio Global FM Bali sebagai yang pertama di Bali dan Indonesia sebagai pengguna SKYPE untuk interaktif radio . Bila klaim ini salah maka akan kami ralat menjadi yang pertama diseluruh Kecamatan .
Oh ya saya lupa caranya agar bisa berinteraktif dengan pendengar yaitu ;
1. Download software skype di http://skype.com
2. Instal software di computer studio yang sudah terinstal dengan mixer studio ( dan juga tentu sudah terinstal dengan internet.)
3. Pastikan kabel computer studio sudah teriinstal pada posisi kabel out put mixer ke kabel line in computer dan kabel out put computer disambung ke line in mixer.
Proses 1,2,3 pasti sangat mudah dikerjakan oleh tehnisi radio bahkan penyiar bisa lakukan ini .
Dan manfaat lain Skype untuk radio adalah bisa dipakai untuk siaran langsung sebagai pengganti mobil OB VAN Caranya gampang :
Buat buat dua account Skype umpamanya global1 dan global2 . username Global 1 untuk computer studio dan Global 2 untuk lap top team di lapangan . Computer studio yang terinstal skype tentu disambungkan dengan kabel mixer studio .
Gunakan lap top dan beli modem dengan fasilitas operator internet yang unlimited lalu buat kabel panjang beberapa cabang untuk mic (tentu ini tergantung dari kestabilan signal ) dial ke studio siaran .
Bukankah ini sangat bermanfaat jarak Denpasar dan Jakarta siaran langsung dengan kualitas suara studio bahkan seluruh dunia dan biaya nyaris gratis.
Nah pekerjaan selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah Radio harus mensosialisasinya dengan cara :
1. Umumkan di radio sesering mungkin kalau perlu dalam bentuk spot
2. Umumkan di status Face book dan layanan microblogging lainnya
3. Buatkan spot cara aktivasi skype agar pendengar bisa atifasi
4. Dan cara lain umumkan secara off line saat pertemuan pendengar

Bila ada radio dan Tv yang memanfaatkan ide ini ayo kita adakan kerjasama untuk saling berkomunikasi dan bertukar berita antar radio agar radio lebih berdaya ,agar radio tidak menjalani rutinitas yang membosankan. Elamat menyentuh kehidupan Globalisasi (bram wijaya)



0 komentar:

 
Powered by Blogger