Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Jumat, 14 Agustus 2009

Merdeka !!

Setiap ada peringatan HUT kemerdekaan RI saya selalu ingat ucapan teman dia bilang lho Indonesia berpuluh-puluh tahun merdeka masa bram belum bisa email ?. Saya balik nanya lho masak urusan hari merdeka diukur dari rakyatnya bisa email atau tidak , seharusnya kalau penyiar ukurannya bisa siaran atau tidak itu baru pas

Lama kelamaan pertanyaan teman itu juga faktor pemicu saya bisa email-an . Dan memang tehnologi itu bukan miliknya ilmuwan saja. Dan sekarang saya juga membuat ucapan yang sama bila ketemu teman yang tidak bisa email-an…sudah 64 tahun merdeka belum bisa email.... Yah intinya sindiran ,kritik itu nikmat ,kritik itu informasi yang baik.
Tulisan lalu saya menulis judul sudah saatnya penyiar meng-ONLINE-kan dirinya itu dengan maksud agar awak radio tidak gaptek. Agar awak radio jangan jadi “penonton” ketika tehnologi itu melenggang. Padahal itu bisa dijadikan peluang bagi awak radio secara pribadi dan Radio sebagai institusi. Sekarang cara awak radio meng-online-kan dirinya macam-macam ,ada yang nge-Blog dan Face book ,radio online dan lain-lain. Bisa jadi wawasan berpikir awak Radio berubah kearah yang positip.
Minggu pagi 9 Agustus lalu saya baca salah satu koran lokal di Bali dimana inti beritanya Bupati Jembrana memergoki oknum PNS di lingkungan Pemkab sedang Facebook-an saat jam kerja .
Bupati menganggap ini akan merusak kinerja. Selanjutnya Bupati memerintah ahli IT nya untuk memblokir situs facebook . Langkah ini tepat karena bisa jadi dilakukan saat jam kerja dan kontra produktif dengan tugas sebagai abdi masyarakat.
Disisi lain Bupati seharusnya bangga juga melihat PNS bisa facebook-an itu artinya PNS sudah melek tehnologi dan sebenarnya para PNS yang demam facebook ini bisa disalurkan ke hal hal yang produktif dengan tetap bisa gunakan fasilitas Book .
Masalahnya facebook-an saat jam kerja bisa saja indikasi oknum PNS tersebut yang tidak punya job description yang jelas sehingga ada yang kerja sibuk ada yang kekurangan pekerjaan.
Namun karena tidak ada yang mengarahkan mereka pada facebook maka facebook menjadi kambing hitam lalu diblokir. Sebaiknya para PNS meski di giring untuk menggunakan facebook yang lebih mendukung kinerja instansi. Contoh tiap kantor di lingkungan pemkab bisa gunakan facebook untuk komunikasi dengan masyarakat dalam urusan yang produktif misalnya Tanya jawab masalah perijinan usaha,pengaduan masalah layanan umum, untuk komunikasi pimpinan dan rakyat setempat dengan permasalahan aktualnya, bukankah ini sesuatu mengasyikan dan produktif?.
Masalah face book yang dialami pemkab Jembrana sebenarnya dulu dialami dilingkungan radio. Awak Radio facebook-an saat siaran sehingga siarannya jadi kurang konsentrasi. Masalahnya facebook-annya tidak ada hubungannya dengan siaran . Jadi memang benar Apapun tehnologinya tergantung orang yang menggunakannya.
Kita memang harus kenalkan tehnologi sedini mungkin pada awak radio agar tidak gaptek. Kita harus sadar bahwa buta hurup dimasa mendatang adalah mereka yang tidak bisa internet.
Jadi sebelum memblokir kita kaji dulu apa yang perlu diatur agar produktif. Di Tim kami Radio Facebook bisa dipakai untuk komunikasi antara Radio dengan penggemarnya . Bahkan di Radio Global seluruh penyiar wajib mampu menggunakan Facebook. Karena di global FM email, face book dan nomor SMS selalu diumumkan ke pendengar sebagai jalur komunikasi timbale balik. Contoh sebagai ajang berkirim salam ,permintaan lagu ,bisa juga digunakan tempat untuk bertanya, beropini ketika ada satu thema yang diangkat di radio. Bahkan facebook bisa mempromosikan radio pada calon pengiklan .


Ada kecenderungan pendengar pelan tapi pasti hijrah dari main SMS-an menuju ke Facebook sebab kecenderungan era sekarang dan masa mendatang orang banyak beli smartphone yang sudah dibenamkan internet .Hp semahal apapaun kecenderungannya harga bekasnya turunya drastis ini yang bikin orag gampang punya smarth phone. Biaya internetan di HP juga semakin murah pulsanya sehingga facebook jadi sasaran untuk sebuah komunikasi. Kondisi inilah yang harus ” dibaca” orang radio yaitu apa yang bisa radio lakukan ketika fenomena ini terjadi. Dan hal yang paling penting adalah komunikasi antara radio dengan pengiklan bukankah ini hal yang paling pokok dari radio .
Secara institusi Radio meski meng-ONLINE-kan siarannya agar sinergis ,pendengar dari seluruh Indonesia bisa manfaatkan radio online untuk mendengarkan secara live siarannya dan menulis opininya lewat face book kemudian oleh penyiar opini yang dikirim lewat face book diudarakan. Fasilitas untuk meng-ONLINE-kan radio saat ini sudah ada yang instant murah dan tidak ribet Kita tentu berdecak kagum ternyata Facebook dan radio online itu mengasyikan dan produktif bila kita serius mengarahkannya . Pemasang iklan pasti lebih tertarik pada radio yang tampil beda dan akrab dengan tehnologi. Dan akhirnya semua tergantung SDMnya .
Radio yang tidak akrab tehnologi dan tidak mau membuat perubahan akan digilas ! dan terbengong-bengong. Benar kata orang tehnologi memang tidak semua harus dituruti tapi kita patut untuk menganalisa tehnologi yang mana yang pantas dan jadi kebutuhan mutlak untuk radio .
Penyiar secara pribadipun tidak mesti semua tehnologi dipelajari tapi analisa kebutuhan yang mana yang pantas kita geluti itulah yang harus ditekuni atau anda punya pendapat lain? (bramw)


3 komentar:

Ruri mengatakan...

pertamax!!!

MERDEKA!!!!

salam kenal.

Macam2 Tips mengatakan...

kelihatan nya kita belum benar2 merdeka,soal nya kita baru aja di jajah oleh malaysia dengan claim nya yang sembarangan....

GoMe Computer mengatakan...

Merdeka Bung Mengembalikan Jati Diri Bangsa

 
Powered by Blogger