Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Selasa, 07 Juli 2009

Penyiar Dilarang Datang Tepat Waktu

Apa sih kriteria seorang penyiar yang professional itu?. Mungkin saja standard penilaiannya dari waktu kewaktu akan berubah sesuai dengan jamannya . Tiap Institusi penyiaran tentu punya standard yang harus dilakukan oleh seseorang untuk dapatkan keahlian . Ketika seseorang yang sudah mencapai kondisi yang “pantas “ tentu dia akan mempunyai kebanggaan atas profesinya. Berlatih berbagai keahlian yang menunjang siaran secara ajeg akan dapat mencapai standard yang tinggi . Yang tidak kalah penting adalah berpikir dan bertindak secara cepat dan rasional ,serta harus mempunyai pendengaran yang tajam bila ada suara yang tidak beraturan dan segera memperbaikinya. Ikuti isu-isu yang terjadi dilingkungan kita . Selalu mengikuti perkembangan tehnologi, action langsung dengan mempelajari nya misalnya computer ,dunia internet ,blogging,facebook,email dll.


Dalam Dunia siaran ada perbedaan keahlian yaitu penyiar penata tehnik,piƱata music producer,wartawan, dll . tapi jamansekarang ini Penyiar sudah dituntut untuk terjun sebagai wartawan ,edit berita disamping tugas siaran . maka sekalai lagi saya himbau jadilah penyiar amphibi diudara BISA didarat BISA
Ada radio yang menerapkan sistim penyiar sekaligus operator mixer tapi ada juga radio dimana penyiar tidak mengendalikan operasi onal mixer dan lagu . Tentu ini ada kelebihan dan kekurangannya .
Ada penyiar yang merasa nyaman bila langsung mengendalikan mixer ada juga penyiar tidak nyaman hanya bertugas bicara saja tanpa memikirkan tehnis , cuma bicara lalu memberi kode jari tangan .
Keahlian penyiar harus mencakup hal-hal seperti :
Keahlian mengolah Suara dan bahasa artinya antara pikiran dan suara mampu bersinergi mengeluarkan output suara yang punya makna . karena penyiar selalau DIANGGAP LEBIH BAIK oleh pendengarnya.
Tehnik pengoperasian Mikropon , Suara penyiar bagus dan jelek tergantung juga jenis micnya untuk itu penyiar harus punya kepekaan yang tinggi atas kondisi ketika dia siaran ,mengatur bas treble yang sesuai dengan karakternya dai harus mampu mengaturnya sendiri dan dia harus hapal betul standard tehnis untuk vokalnya sendiri
Perencanaan dan Penyajian acara . Penyiar selalu mempersiapkan apa yang seharusnya disiapkan untuk kelancaran siaran kalau perlu punya prinsip satu kata yang terlontar dari mulutku harus punya makna
Mampu mengatasi permasalahan ( problem solving ) dadakan yang muncul dan cepat ambil keputusan.
Mampu berkomunikasi dengan baik atau kompak dengan sesama team.
Penyiar jangan punya kebiasaan suka mendengar radio nya sendiri saat dirumah tapi dengarkanlah dengan porsi yang seimbang antara radio tetanggga /kompetiter dan radio kita sendiri . Ini akan membuat sang penyiar bisa mengetahui apa kekurangannya danapa kelebihannya .

Menghargai waktu ini penting karena pekerjaan penyiar tentu dihitung dan dipacu dengan waktu. Dia harus tahu bila siaran jam 10 karena dijalan sering macet maka patokannya berangkat dari rumah jam berapa. Siaran molor 5 menit adalahsebuah kesalahan besar karena biasanya pendengar kita jarang melihat jam tangannya tapi hanya mendengar acara dia sudah mengatakan sudah jam 10 karena acara ini muncul jam 10 dia hapal betul untuk jam siaran . Berbahagialah bial ada Radio yang bikin pendengrannya tidak lihat jam tangan .

Bukan hanya karena itu siaran itu dimana-mana harus ada persiapan tehnis dan materi agar mantap dan berisi . Satu kesalahan yang muncul akan berakibat sang penyiar tidak bisa tidur semalaman ,satu kesalahan dari penyiar itu akan menggambarkan kesalahan Radio sebagai institusi karena citra penyiar adalah citra perusahaan . Solusinya datangalah lebih awal ke studio .

Kalau ada istilah datanglah tepat waktu atau on time maka prinsip ini salah
Penyiar yang datang tepat waktu itu justru tidak profesional . bagaimana mungkin siaran jam 3 datangnya juga jam tiga apa tidak ngos-ngosan secara fisik dan mental ?. ini saya teliti pernah terjadi karena alasana macet . Bahkan ada istilah datang lebih awal pulang lebih lambat itulah prinsip yang benar yang meski diterapkan penyiar .(Bramw)


0 komentar:

 
Powered by Blogger