Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Selasa, 23 Desember 2008

VOICE OVER DENGAN VOKAL BERAT 1

Saya sering mendapatkan pertanyaan tentang bagaimana caranya agar vokal kita bisa berat atau tebal. Berikut kita ikuti bahasannya dan juga terkait dengan pertanyaan salah satu dari sekian banyak email yang masuk yaitu dari Fauzi tentang SUARA BERAT

Dari: Ahmad Fauzi
Topik: Re: Salam Kenal
Kepada: bram.wijaya@yahoo.com
Tanggal: Senin, 22 Desember, 2008, 2:02 AM
Mas Bram yang baik,

Saya sudah download sample dan ilmu2 yang di upload, terimakasih.
Menurut beberapa teman suara saya bagus, saya pun bebeapa kali mencoba
melatih olah vokal membaca teks2 berita yang saya rekam. Setelah saya
evaluasi suara saya kurang berat. Pertanyaan saya, apakah ada
latihan/trik khusus agar suara bisa lebih berat dan legit seperti
suara Mas Bram?.

Saya sungguh mengagumi suara mas yang di
upload di blog pribadi mas Bram. Saya sendiri saat ini bekerja di bidang IT dan telkom. Saya sangat tertarik dengan dunia pengisian suara. Bisakah berbagi ilmu Mas :).

Salam,
Fauzi


JAWABAN SAYA :

Hai Fauzi ...Salam kenal

Terima kasihmau berkirim email ke saya dan saya terbuka bagi ilmu
Ketahuilah Fauzi indikator suara baik bukan hanya urusan suara harus tebal /berat saja . Ada suara biasa-tidak berat tapi juga masuk katagori suara legit .Namun sebelumnya kalau bisa kirim juga suara anda lewat email dengan format mp3.

ketika saya bersuara dalam keadaan sehari-hari tidak berat vokalnya biasa-biasa saja , Karena suara asli saya memang tidak berat . Dalam sehari-hari suara saya tidak ada nikmatnya sama sekali medok terkadang condong medok Bali (Karena kelamaan di Bali mungkin tapi saya bangga dengan medok Bali terkadang ada client yang minta medok Bali )

Nah ketika sehari-harui seperti itu ,begitu saya siaran atau isi suara iklan kita harus merubah karakter suara sesuai karakter yang dipesan client , Saya gunakan suara yang penuh dengan kepalsuan ( he he ini dalam istilah saya ) atau dalam istilah sedehana adalah suara yang dibuat-buat . Tapi ketahuilah suara dibuat-buat terkadang bagus kalau tidak ketahuan dibuat-buatnya (nah lho bingung ya ).

Dibuat-buat : Basnya dengan suara diafragma,dibuat-buat dengan menambah bas treble,dibuat-buat dengan sentuhan latihan meniru . Dan latihan suara diafragma , ini juga diajari sama guru les menanyi. Jadi olah vocal itu bukan monopoli penyanyi tetapi juga untuk dunia siaran dan voice over .

Untuk latihan diafragma itusaya lakaukan seacar outodidak ,nantikita akan bahas tersendiri di blog ini .

HAL LAIN YANG JARUS DIPERHATIKAN
Saya terkadang sengaja menganalisa sendiri dengan merekam suara saya yang wajar dengan membandingkan suara yang dibuat-buat kemudian kedua suara yang berbeda itu kita analisa dengan memutarnya di sound system yang lengkap .

Kemudian analisa juga dengan backsound music dan bila iklan tv kita wajib juga lihat gambarnya agar ada sentuhan ke bathin kita . Dan sentuhan kebathin kita ini akan merespon cara kita bersuara.


BACKSOUND
Nah backsound music juga menentukan bagaimana cara kita bersuara . Contoh music yang begitu pelan tanpa beat tentu nggak mungkin kita bersuara dengan berenergi dan cepat . Tetapi berbicaralah mengikuti sentuhan music nya. Menurut saya merekam suara iklan dengan mengetahui terlebih dahulu latar belakang musiknya akan mendukung iklan menjadi lebih baik. Musik rancak tidak mungkin berbicara pelan ,

Tapi ketahuilah semua aturan ini akan tidak berlaku bila client sudah setuju biarpun kita tidak puas dengan cara kita bicara tapi kalau client mengatakan harus yang ini kita serahkan

TIPS –TIPS LAIN
Bersyukur dan berbahagialah bila suara anda sudah punya dasar sebagai suara enak. namun menurut saya suara enak harus DIBENTUK dengan cara dibuat-buat yang wajar , dengan cara latihan intensip bisa secara outodidak atau ada yang membimbingnya.

Dan cara lain melatih diri dengan Proses peniruan yaitu cari suara idola anda dan rekam suaranya tirulah seperti cara yang saya terapkan dalam tulisan yang lalu.


Sering-seringlah membaca koran,majalah ,buku pelajaran dengan cara vokal yang bersuara bukan membaca dalam hati . Bila kebiasan ini dilakukan lambat laun akan membentuk suara kita dengan se-enak hati kita .


Jangan sepelekan alat pendukung seperti mic ..software editing suara karena perannya juga cukup menentukan untuk mengisi vocal iklan . seperti bagaimana mengatur bnas treble,agar suara terkesan basah juga ada pengaturannya pada proses pembuatan.


Nah sekarang Fauzi bagi dong ilmu buat saya ….kalau perlu kirim suara anda ke email kami dengan format mp3 untuk menganalisa karakter vocal anda

Salam sukses


0 komentar:

 
Powered by Blogger