Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Rabu, 24 Desember 2008

HONOR VOICE OVER TALENT PEMULA

Email pertanyaan yang kami terima tentang presenter TV Tua dan Presenter TV Muda adakah keduanya sama-sama berpotensi? Tidak lupa permasalahan Honor Voice Over Talent masih jadi kebingungan bagi para pendatang baru . lalu apa yang harus kita lakukan .Berikut salah satu email dari Megita

Dear Mas Bram,
Dari : Megita
m4gxxx@yahoo.co.id


Kebetulan saya lagi browsing internet cari cari informasi tentang voice over
karena terus terang saya sangat tertarik untuk menekuni bidang tersebut.
Cita cita saya sebenarnya ingin sekali menjadi TV presenter tapi berhubung
usia sudah 32 thn jadi tidak memenuhi kualifikasi persayaratan presenter TV
yang rata rata batas usia maksimal 26 thn.

Mas khan sudah sangat berpengalaman di bidang ini jadi saya akan sangat berterima kasih apabila Mas bisa berbagi informasi untuk saya sebagai pemula yang ingin mengirimkan contoh suara ke studio iklan,kemana saya harus mengirimkannya?
Dan apabila ternyata suatu saat beruntung mendapatkan kontrak untuk pengisi
suara suatu iklan produk, berapakah tarif yang sewajarnya ( range kira kira )
yang bisa saya tetapkan kepada pemakai jasa saya sebagai voice over? anggaplah misalnya saya begitu beruntung mendapat kontrak 1 thn misalnya?

Terima kasih banyak atas perhatiannya dan saya sangat mengharapkan infromasi dari Mas Bram.


Brgds,
megi

JAWABAN BRAM WIJAYA :
Usia 36 seperti Megita menjadi presenter TV itu masih terbuka lebar walaupun tergolong tidak muda lagi permasalahnnya adalah standard perekrutan masing-masing institusi TV itu berbeda-beda ada yang suka muda-muda ada yang tidak menerapkan sistim itu kondisi itu harus kita syukuri untuk berjuang meraih peluang jadi presenter . T

Tapi ketahuilah masih ada TV yang menerapkan sistim YANG PENTING MAMPU , YANG PENTING ADA NILAI LEBIH ya nggak . Lihat saja masih ada stasiun TV yang presenternya sudah ubanan nggak usah disebut pasti Megi tahu dah . Banyak contoh di dunia inipresnter yang lewat umur berjaya . Banyak contoh yang muda belum ada greget . Jangan Nyerah ya ..


Saya sarankan Suara Megita yang terbaik atau contoh suara direkam dibuat dalam bentuk CD kirimke semua production house yang ada di kota atau diluar kota ,Suara yang diberikan biasanya dijadikan koleksi bagi PH bila membutuhkan akan dipanggil Kalau diluar kota kirim saja suara lewat email kemudian diselipi surat pengantar penawaran :
Dan disana dicantumkan harga suara megita. Mengenai harga sebaiknya HARGA YANG RASIONAL artinya bila Megita sudah punya pengalaman dan terbang tinggi jangan terlalu murah menawarkan harga. Bila jadi pemain baru cantumkan harga yang menurut Megita pantas . Nanti biasanya terjadi tawar menawar atau diskusi mengenai harga diantara PH dan Megita . Umpanya harga pendatang yang baru tapi suaranya bagus berkisar 1 sampai 2 juta (untuk Jual Lepas dan ini di Kota-kota besar )

Di masing-masing kota di Indonesia standard honor beda-beda untuk yang baru atau yang pengalaman bahkan ada VOT yang belum pengalaman dibayar untuk sekedar uang transport l Rp 50 hu hu hu sedih sekali memang tapi syukuri saja karena masih ada yang mau pake suara kita nanti suatu saat kita akan dapat bayaran yang setimpal kok .amiin .Untuk soal pembayaran itu banyak pernak –perniknya dimasing-masing daerah,tergantung kondisi eknomi daerah .

Ada juga PH –PH yang biasanya tidak ada kontrak dipakai sistim beli/jual lepas ,Seperti kita beli baju mau dipakai untuk apapun terserah yang beli penjual tidak peduli . Ada juga yang pakai sistim kontrak masing-masing pihak punya hak dan kewajiban Tapi sekedar tahu hukum rimba dari dunia VOT itu sama dengan dunia keartisan belum beken murah dan udah beken melangit . TAPI PRINSIP BAGI CALON VOT HARUS PUNYA KEYAKINAN ATAS KELEBIHAN SUARANYA dan Tetap bersyukur atas anugrah Suara yang diberikan TUHAN YME . .. Biasanya Suara jelekpun laku banyak contohnya kok mudah-mudahan jawaban saya bisa dipakai bayangan dan acuan Megita (Bram Wijaya)


Keterangan :Siapapun yang ingin tanya atau sharing kirim keemail bram.wijaya@yahoo.com jawaban langsung akan langsung kami posting di blog ini . Alamat email anda tidak kami pubilkasikan







1 komentar:

Tata mengatakan...

Di Indonesia, profesi voice over talent memang baru dikenal di kalangan terbatas. Akibatnya, penghargaan terhadap karyanya pun masih sangat rendah, karena sering dianggap tidak penting.

Beda dengan di luar negeri. Karena itu, jangan terlalu terpaku dengan pasar dalam negeri. Sekarang mulai banyak agency luar yang membutuhkan talent dari Indonesia, terutama untuk lokalisasi produk. Dan dengan sedikit keterampilan mengolah audio, semua itu bisa dikerjakan di rumah.

Saya pernah mendapat proyek sebanyak 7000 kata, dengan payment sebesar USD 900. Asal tahu saja, saya bukan siapa-siapa dan bersuara biasa2 saja. Tetapi mereka memang (maaf) lebih menghargai dibanding orang kita.

Profil saya bisa dilihat di http://www.facebook.com/suara.tata/ atau di http://atata.voices.com

 
Powered by Blogger