Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Minggu, 14 September 2008

WAWANCARA DAN IMAGINASI



Salah satu cara agar kita menjadi seorang pewawancara yang baik adalah rajin berimaginasi. Imaginasi akan berpengaruh pada rasa ingin tahu, merangsang otak mengeluarkan sebuah pertanyaan . Imaginasi akan bikin anda bertubi-tubi lakukan pertanyaan yang bersumber dari daya khayal tadi . Tahukah anda otak kita bisa kita buat layaknya MInd Map jadi susunlah pertanyaan kita dalam peta pikiran yang super luas ini . Mari kita mulai berimaginasi Bila kita melihat photo tukang sol sepatu yang baru saya jepret dijalan ini apa yang terbersit dipikiran anda ? ..jangan ragu ungkapkan semua ..Imaginasi artinya kita berpikir BEBAS karena otak kita sebuah hardisk raksasa..jadi jangan takut memorinya habis.
Kalau saya lihat photo soal sepatu ini maka yang terbersit dipikiran bebas saya adalah sebagai berikut :... Hari ini apa tukang sol ini sudah dapat uang,...dalam satu hari mungkin saja ia tidak dapat uang ,lalu kenapa ia memilih pekerjaan ini..Kira-kira di bulan ramadhan ini dia ini puasa apa nggak ya ?....Berapa modal yang dia pakai untuk berprofesi tukang sol sepatu ,...darimana ia dapatkan ilmu sol mengesol sepatu....Kalau ia tidak dapat uang dalam satu hari dau hari lalu darimana sumber dana untuk makan ya...dst dst dst Ketika hasil daya khayal tadi ingin kita muntahkan dalam sebuha tulisan jangan ragu dan takut salah . Justru yang paling ada takuti tidakberani mencoba.

Nah itu adalah contoh imaginasi daya kalau saya tulis mungkin banyak luar biasa. Bukankah imaginasi seperti itu muncul juga dibenak kita semua tanpa kita harus jadi wartawan,reporter ,penyiar ? Nah apalagi kalau anda menjadi penyiar tentu urusan imaginasi sudah jago ya ? tapi adal juga penyiar yang takut atau ragu tanya dari ide imaginasi. Oke selamat berkhayal dan berimaginasi. Semoga jadipemikir dan pewawancara handal . Inilah cara dari sekian banyak cara namun bermain imaginasi merupakan bibit unggul untuk wawancara .Imaginasi merupakan "Kapal Induk Otak " yang mampu bawa apa saja untuk berlayar .

Dalam pergaulan sehari-hari sering kita temui teman atau sahabat kalau ketemu dengan teman kita ,ia juga mengeluarkan pertanyaan nyelekit pada diri kita karena daya imginasinya yang tinggi . Daya imaginasi yang tinggi juga bisa ber efek negativ maknya jalankan imginasi dengan disaring saat "memuntahkannya " diudara , jangan asal ngejeblak aja he he . Pertanyaan yang pantas dan tidak pantas diudara tentu masing-masing institusi punya standardnya . Jadi Radio ,TV sebagai institusi tentu punya standard baik tertulis atau tidak tertulis, mengenai pantasdan tidak pantasnya .terkadang diradio ini dianggap pantas belum tentu di radio yang lain pantas dst.
Kita lingkungan rumha tangga sendiri ada pertanyaan yang pantas dan tidak pantas apalagi di dunia luar sana, ya nggak . Soal pantas dan tidak pantas kita serahkan pada anda. Yang terpenting adalah saya beri jalan pada anda menurut apa yang saya anggap baik yaitu rajin-rajinlah berkhayal /berimaginasi ,karena kata orang imaginasi lebihpentingdari ilmu pengetahuna , ilmu pengetahuan itubukankha berawal dari daya imaginasi?.

Itulah sebabnya kenapa saya rajin melihat hal-hal yang aneh lalu saya jepret! , ada hal-hal yang tidak anehpun saya jepret ! itu adalahsalah satu cara saya untuk memainkan daya imaginasi..Photo tukang sol sepatu itu bagi sebagian orang mungkin tidak menarik tetapi bagi seorang yang hobi berimaginasi itu menarik . sama saja ketika kita siaran ditangan orang yang berdaya imaginasi tinggi akan menarik ketimbang penyiar yang SGA segitu gitu aja .


Bram Wijaya (Ramadhan 140908 )


BACA JUGA

Penyiar Radio dan "The Nyambi System"
Baca Berita dan Tanda Tanya


0 komentar:

 
Powered by Blogger