Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Minggu, 31 Agustus 2008

BACA BERITA DAN SATU KESATUAN BUNYI

BACA BERITA YANG BAIK ALA BRAM II


Kita bahas sekarang SATU KESATUAN BUNYI

Kenapa satu kesatuan bunyi dalam membaca berita sangat penting di jalankan pada saat baca berita atau naskah . Gunanya agar yang dengar tidak salah pengertian .lagi pula bukankah penyiar itu salah satu tugasnya baca berita dan ketika baca berita nggak mungkin diulang ulang .Ini akan merusak kekusyukan pemirsa . Salah satu hal yang jarang kita rasakan adalah pertanyaan apakah pendengar saya sudah merasa nyaman dengan penyampian berita yang saya bacakan ? .Media Radio atau tv bukan koran atau majalah dimana pembaca punya otoritas untuk mengulang bacaannya bila ia tidak mengerti

Kalau Radio dan TV nggak mungkin pemirsa nelpon penyiarnya untuk mengulang baca berita . Satu kesatuan bunyi bukan hanya dalam urusan membaca berita tetapi dalam urusan bicara tanpa teks kita harus sadar betul untuk tidak memisah-misahkan kalimat yang seharusnya satu kesatuan bunyi . Sering kita dengar pejabat membantah ucapannya sendiri yang di tulis wartawan hanya karena ia merasa tidak pernah merasa ngomong seperti itu . Tapi menurut saya pejabat itu memang harus punya ilmu baca dan ilmu bicara yang menyangkut satau kesatuan bunyi ini .

(Untuk mendengarkan penjelasan saya yang bersuara silahkan dengar atau download file TIPS SATU KESATUAN BUNYI di kotak Box.net lengkap dengan contoh. Dan pastikan juga komputer anda mensupport )


Mari kita dengar contoh berikut : pemirsa apakah anda pernah melihat tanaman jambu monyet ?
Kata jambu monyet akan bikin salah pengertian ketika mengucapkannya dengan cara jeda terlalu lama antara jambu dan monyet maka pemirsa akan tersinggung , mari kita dengarkan buktinya (Dengarkan File Satu kesatuan bunyi)

Contoh lain : Hotel Anu jaya di satroni maling hotel alami kerugian 1 milyar ,….. kalau kita salah baca terkesan yang rugi satu milyar itu adalah si maling hotel bukan pihak hotel … ha ha ha ) maka disatroni maling harus ngomongnya dirangkul dalam satu group gitu loch !!

Sebelum dimulai kami beritatahu kata yang digaris bawah ,merupakan satu kesatuan bunyi yang tak terpisah.

Bila kita menenemukan kalimat : Denpasar , ibu kota propinsi Bali
maka penyebutan ibukota dan propinsi bali, suara pengucapannya tidak boleh terpisah (atau jeda terlalu lama ) kemudian kita membaca berita :

Pemirsa Bali TV, hari ini tanggal 28 September 2008 , gubernur Bali dilantik oleh Menteri Dalam negeri mardianto// ……………………

Gubernur Baru dari kota singaraja ini akan menjalani tugas berat untuk membenahi lingkungan Bali dan keamanan Bali // Masalah keamanan dan lingkungan Bali saat ini banyak disoroti masyarakat ,dimana pembanguan hotel dan vila-vila sudah melanggar tatanan konsep Tri hita karana // Masalah kriminalitas yang meningkat akhir-akhir ini serta keamanan pasca Bom Bali I dan II menjadi prioritas yang harus dibenahi Gubernur Bali Mangku pastika//………………..

Ingat yang digaris bawahi adalah satu kesatuan bunyi yang tak terpisah.
Begitu juga ketika kita membaca Narasi iklan kiita lakuakn cara yang sama tidak boleh melupakan satu kesatuanbunyi.

Mungkin teori yang kita hadirkan disisni dianggap ruwet , saya jawab : BETUL tetapi kalau sudah dijalankan dengan terus menerus kita akan terbiasa dan reflek dalam prakteknya seperti refleknya kediapan mata asyik khan.

Tunggu Tips selanjutnya Satu Kesatuan Bunyi Untuk baca narasi IKLAN

0 komentar:

 
Powered by Blogger