Photobucket
Dengar dan Saksikan siaran saya di Web ini setiap hari pukul 10-12.Dalam acara Bisnis Global kami hadirkan info bisnis aktual, kisah sukses ,motivasi enterpreneur dan info inspiratif lainnya. Bila Anda ingin Menghubungi kami , kontak ke no HP 08123945684, Pin BB 74E96D53 Whatsapp : +6289654775541 Wechat : +6289654775541 FB : @bramwijayabali

Kamis, 03 Juli 2008

JADI PENYIAR SECARA ALAMI

Asal muasal anda tertarik di dunia siaran ini bagaimana ceritanya

Yah.. saya kira kalau diceritakan panjang tapi secara singkat saya hanya mengalami proses yang alami belaka , yaitu saya waktu SMA dan Mahasiswa suka main ke radio akhirnya timbul sebuah rasa dadakan saya menyukai dunia ini.

Yang dimaksud rasa dadakan itu maksudnya gimana

Oh ya saya menyatakan dalam hati ,ini adalah dunia saya sebab selama ini bila menemukan kesenangan seperti yang lain saya hanya sebatas senang tanpa kelanjutan yang lama . Contoh suatu saat saya bisa menyanyi tetapi menyanyi tidak saya lanjutkan .semua menghilang dibenak saya secara alami . Kemudian pernah saya suka melukis ,tetapi secara alami kesukaan itu menghilang . dan saking banyaknya yang saya suka saya bungung sendiri saya ini hobinya apa sih ??.. Dan ketika saya menemukan rasa dadakan ini pada dunia siaran ada sebuah kelanjutan yang luar biasa dorongannya dan berkelanjutan begitu lama sampai sekarang,.. seperti anda lihat sendiri

Lalu Dorongan itu seperti apa
Dorongan itu berupa saya melakukan sebuah khayalan tingkat tinggi ketika saya bercermin dan saya berimprovisasi seolah saya jadi penyiar dan dalam hati saya saat itu saya mengatakan wah suara dan gaya saya sama , Terus… dorongan yang lain yang saya lakukan secara alami saya rekam suara saya terus tak kasih keteman dan teman itu mengatakan heh kamu ternyata penyiar radio ya rasanya suaranya sering saya dengar ..ha ha ha saya mau jawab apa lha wong saya ini bukan penyiar dipaksa ngaku

Lalu dorongan kuat lainnya yang anda lakukan
.terus dorongan kuat selanjutnya saya meminta maaf sama orang tua bahwa setamat kuliah di Fakultas Hukum saya tidak bisa memenuhi harapan orang tua menjadi Jaksa bila tamat.. saya mau terjun jadi penyiar radio … Teman saya mengatakan langkah yang saya ambil bodoh padahal punya jatah pensiunan orang tua tidak diambil ,maklum saat itu masih ada sistim jatah-jatahan dan undang-undang yang mengaturpun ada . selanjutnya saya melamar ke radio-radio yang ada didenpasar. Tidak ada yang mau terima biasalah hanya karena tidak punya pengalaman dan macam-macamlah…Akhirnya ketika banyak lamaran ke radio tidak diterima saya punya akal untuk melamar radio Cassanova diDenpasar .tapi ngelamarnya saya bikin asal-asalan hanya pakai permohonan yang direkam dikaset ..busyet tahu-tahunya dipanggil pakai surat resmi. Besoknya saya datang terus tanpa di training disuruh langsung siaran diudara dibenak saya .ini benar-benar bos radio yang gila dan nekat langsung nyuruh saya siaran tanpa ditraining seupilpun.

Menarik sekali ..atas dasar apa kira-kira anda langsung ditraining.
Saya sebenarnya tidak tahu..yah mungkin beliau bos cassanova itu menilai saya sudah mentarining diri sebelum melamar.

Kalau boleh tahu apa isi dari kaset rekaman ada yang dipakai sebagai lamaran bersuara itu .
Saya bersuara dengan menggunakan 5 karakter suara yang berbeda dan seingat saya ee. Saya ngomong seperti ini : Hai kepada yang dengar kaset ini kalau sekiranya saya pantas menjadi penyiar segera rekrut saya tapi kalau tidak akan rugi…kemudian disisi lain dari kaset itu saya menirukan berbagai karakter suara seperti layaknya dubber iklan
Dan yang bikin lucu saat proses rekaman saya menggunakan baterai yang kuat dan yang lemah atau soak .nah bateray soak tadi menghasilkan suara anak kecil bila diputar dengan baterai normal atau pakai listrik .

Dimana anda dapatkan ilmu itu
Yah .. nemu sendiri karena proses kebetulan merekam dengan batery soak ..


Kenapa anda menyukai dunia ini padahal dunia kepenyiaran belum menjanjikan

Ha ..ha Nggak munafik saya mengejar penghasilan dan setoran ..tapi Saya kira di Indonesia ini banyak orang menjalankan kesenangannya tanpa ada penghasilan yang menjanjikan. Tapi untuk saya ada bentuk kepuasaan yang sulit diukur oleh uang yaitu kepuasaan bathin .Soal penghasilan saya kira semua penyiar sepakat kita kembalikan pada diri kita apa kita mau kreatif ,inovatif atau biasa-biasa saja , bisa nggak kita menyadari potensi yang kita miliki,bisa nggak kita percaya diri dengan potensi kita.

Lalu selama anda jadi penyiar perkembangan dan kepuasaan apa yang anda peroleh selama ini

Saya puas dan bersyukur karena penyiar di era reformasi tidak dianggap sebelah mata sehingga saya melihat banyak penyiar di Indonesia yang berkembang dan sekarang banyak yang jadi public figure jadi mesin uang bagi keluarganya. Lihatlah sekarang banyak selebritsi Ibu kota yang awalnya penyiar radio menjadi penyiar tv dan menjadi pembawa acara terkenal. Namun saying sekali banaykpenyiar yang alih profesi jadi PNS jadi pegawai swasta diluar urusan siaran.

Nah yang alih profesi itu karena apa

Ya biasalah klise profesi penyair belum dainggap menjanjikan sampai detik ini dan disamping itu institusi radio itu sendiri belum punya cita-cita ingin membuat kaya penyiarnya ha ..ha iya khan …terus ada juga karena seleksi alam .

Seleksi alam itu maksud seperti apa

Eemmh ..ya itu tadi sering kali kita sebagai penyiar dikalahkan oleh situasi dan kondisi kemudian menyerah dan ada juga yang lulus seleksi alam yaitu apapun kondisinya dilawan karena ia merasa yakin ini adalah jalurnya dan harus dijalani secara sabar ikhlas dan berjuang terus. Kemudian seleksi alam itu juga erat kaitannya dengan tidak menyikapi perkembangan . Sang penyiar hanya puas menjalani rutinitas tanpa mau belajar lagi umpamanya belajar tehnologi ,belejar menjadi reporter yang mumpuni. Dan ketika orang sudah banyak melangkah untuk perkembangan tehnologi ternyata awak radio ini tidak bisa computer iapun menjadi sama dengan penyiar yang tidak berkembang akhirnya banyak yang mencibir. Seleksi alam juga bisa karena sifatnya yang gampang putus asa gampang tersinggung dalam bekerja ,anti mendengrkan kritik tapi rajin ngomongin orang. Saya kira masih banyak yang harus kita sikapi .Jadi mekanisme alam yang diatur Tuhan YME itu lebih jujur dan adil lho..

0 komentar:

 
Powered by Blogger